Syarat dan Rukun dalam Ibadah Umroh

Rukun umroh adalah salah satu rangkaian atau aktivitas yang dilakukan pada saat ibadah umroh. Di dalam rukun umroh terdapat beberapa syarat wajib umroh yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Dengan memahami semua tata cara manasik haji dan umroh ini bisa memberikan hasil ibadah yang sempurna dan sah. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai syarat dan rukun di saat ingin melakukan ibadah umroh. Bagi Anda yang ingin umroh bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Kumpulan Syarat dalam Melakukan Ibadah Umroh

Kumpulan Syarat dalam Melakukan Ibadah Umroh

Sebelum berangkat umroh, Anda harus mencari paket umroh Januari terlebih dahulu. Seperti yang diketahui, untuk berangkat ibadah umroh ini tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Paling tidak, waktu pendaftaran ibadah umroh ini kurang lebih 3-4 bulan sebelumnya. Dengan kurun waktu yang lumayan lama ini, bisa membuat Anda mempersiapkan semua kebutuhan di dalam formulir umroh tersebut. Beberapa kumpulan syarat yang harus Anda perhatikan adalah:

  • Harus beragama islam.
  • Sudah dewasa atau baligh.
  • Sudah merdeka.
  • Sudah merasa mampu.
  • Bagi para kalangan wanita harus sudah mempunyai maharam.

Itulah dia 5 syarat yang yang harus diperhatikan, setelah mendapatkan paket umroh Januari. Meski terlihat sedikit untuk perihal syarat, akan tetapi masih banyak dokumen yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum berangkat umroh.

Rukun Umroh

Ketika ingin berangkat ibadah umroh, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Selain itu, Anda harus mengerti semua larangan haji dan umroh supaya ibadah bisa diterima dan sah. Beberapa rukun umroh yang harus Anda lakukan adalah:

1. Niat atau Ihram

Semua kegiatan pastinya harus diawali dengan yang namanya niat. Termasuk juga di saat melakukan ibadah umroh juga harus memperhatikan niah terlebih dahulu. Di dalam ibadah umroh, untuk niat ini sering disebut dengan ihram.

Maksud dari ihram ini adalah menggunakan pakaian ihram atau tanpa jahitan sama sekali. Tidak hanya sekedar menggunakan pakaian saja, akan tetapi Anda harus melafalkan niat dari titik awal mulai ibadah umroh.

2. Tawaf

Untuk rukun umroh selanjutnya yaitu tawaf. Tawaf merupakan salah satu kegiatan mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali. Rute tawaf ini dimulai dari hajar aswad terlebih dahulu. Sangat dianjurkan, untuk Anda bisa mengusap Hajar Aswad di saat melewati rute tersebut.

Ketika, situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk mengusap Hajar Aswad bisa dilakukan dengan hanya memberikan isyarat berupa lambaian tangan saja. Selain itu, di saat melakukan tawaf semua jamaah umroh juga diperbolehkan untuk berdzikir dan berdoa mengenai semua harapan yang dimiliki.

3. Sa’i

Sa’i merupakan kegiatan lari kecil-kecil dari bukit shafa sampai dengan bukit marwah. Pada rukun umroh yang satu ini harus dilakukan oleh semua jamaah sebanyak 7 kali putaran. Selain itu, ketika melakukan rukun umroh yang satu ini tidak ada bacaan atau doa khusus.

Artinya, di saat melakukan rukun umroh atau sa’i boleh saja memanjatkan semua doa dan keinginan yang belum tercapai. Untuk rangkaian rukun islam kali ini berasal dari kisah Siti Hajar di saat mencarikan minum bagi anaknya yang bernama Ismail.

Istri nabi Ibrahim ini harus rela bolak balik mencari air dari sumbernya secara bolak-balik. Untuk sumber mata air tersebut sampai dengan saat sekarang sering disebut dengan air zam-zam.

4. Tahallul

Tahallul mempunyai makna untuk melepaskan diri dari semua larangan ihram. Untuk beberapa kegiatan yang dilakukan pada rukun umrah kali ini adalah mencukur rambut atau menggunting sebanyak 3 helai.

Selain itu, untuk proses tahallul ini dilakukan persis di luar Masjidil Haram dan sangat dekat dengan Bukit Marwah. Setelah melakukan tahallul, semua jamaah umroh sudah bebas dari larangan ketika melakukan ibadah umroh.

5. Tertib

Untuk rukun umroh yang paling akhir adalah tertib. Maksud dari rukun umroh yang satu ini adalah semua jamaan harus melaksanakan semua rukun umroh dari mulai pertama sampai dengan akhir.

Selain itu, untuk proses rukun umroh harus dilakukan secara berurutan atau sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan pada sebelumnya. Pastikan, Anda sudah melaksanakan semua rukun umroh. Jangan sampai ada rukun umroh yang terlewati.

Saat ini banyak sekali penawaran paket umroh Januari yang dapat Anda pilih. Sayangnya, tidak semua paket umroh tersebut bisa dipercaya. Artinya, untuk Anda yang ingin umroh harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Pilih saja pada paket umroh Januari yang benar-benar terbukti dan aman.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai syarat paket umroh Januari dan rukun umroh. Diharapkan, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin melakukan ibadah umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *