Plus Minus Asuransi Mobil Syariah

Asuransi mobil syariah bisa menjadi salah satu pilihan perlindungan atas berbagai macam risiko di masa mendatang. Misalnya karena kecelakaan, pencurian atau kerusakan akibat bencana alam.

Berbeda dengan asuransi konvensional, dalam prosesnya asuransi syariah mengacu pada prinsip islam. Yang mana diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dengan begitu menggunakan asuransi syariah akan tetap aman. Kendaraan Anda pun akan terlindungi dengan baik.

Pengertian Asuransi Mobil Syariah

Asuransi mobil syariah adalah perlindungan untuk ganti rugi atas kerusakan total atau berbagai jenis risiko. Berpegang pada syariat islam, polis asuransi menggunakan prinsip gotong royong untuk menghindari riba.

Tentunya bagi umat muslim riba sangat dilarang. Oleh karena itu, hadirnya produk asuransi memberikan angin segar untuk bisa menjalani kehidupan sesuai hukum islam.

Salah satunya pilihan asuransi mobil syariah yang memiliki fungsi tidak jauh beda dari asuransi konvensional. Bertujuan untuk mengganti kerugian atas risiko kehilangan atau kerusakan atas manfaat premi yang dibayarkan.

Jenis Asuransi Mobil Syariah

Memilih asuransi kendaraan harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Untuk itu, agar tidak salah pilih berikut ini jenis asuransi syariah untuk kendaraan roda 4.

1. Asuransi All Risk

Asuransi mobil all risk syariah memberikan manfaat pertanggungan yang mengcover seluruh kerusakan. Untuk mengganti kerugian atas kerusakan ringan hingga berat.

Misalnya kerusakan ringan berupa lecet atau baret bisa di klaim dengan asuransi all risk. Sehingga,  penting untuk memiliki jenis asuransi ini.

2. Total Loss Only

Total Loss Only (TLO) merupakan pilihan asuransi mobil syariah untuk mengganti kerusakan yang mencapai 75% atau kehilangan mobil karena pencurian. Jadi, untuk kerusakan ringan tidak ditanggung oleh asuransi TLO.

Walau begitu, TLO dapat menyesuaikan dengan budget Anda. Karena, premi lebih ringan dibandingkan asuransi all risk.

Dari jenis-jenis asuransi mobil syariah di atas pastinya Anda sudah memiliki gambaran akan memilih polis yang mana. Apa pun pilihannya keuangan Anda harus terlindungi ketika mengalami kerusakan kendaraan tidak terduga.

Cara Kerja Asuransi Mobil Syariah

Cara Kerja Asuransi Mobil Syariah

Asuransi syariah disebut juga sebagai takaful. Yang mana untuk cara kerja asuransi mobil syariah nasabah harus membayar premi sesuai polis yang disetujui dalam kontrak takaful.

Umumnya tidak beda jauh dengan asuransi konvensional, hanya saja dana atau premi yang masuk akan dikelola oleh pihak asuransi. Jika ada klaim manfaat akan diberikan sesuai polis yang dipilih.

Adapun cara kerja asuransi mobil syariah, yaitu:

  • Asuransi sesuai hukum Islam.
  • Setiap komisi reasuransi diterima dan dibayarkan kepada perusahaan asuransi dan reasuransi syariah.
  • Perusahaan asuransi diwajibkan mengelola dana anggota dan pemegang polis secara terpisah.
  • Bagian komite syariah akan mengawasi setiap dana tabarru dana memiliki tanggung jawab atas pembagian rasio setiap tahunnya.

Plus Minus Asuransi Mobil Syariah

Bagi muslim, pada dasarnya memilih asuransi syariah untuk terhindar dari riba. Walau begitu, ada banyak keuntungan lain dari asuransi syariah, yaitu:

1. Dijamin Aman.

Asuransi mobil syariah dijamin aman karena tidak hanya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Tetapi, Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mengawasi dengan ketat setiap proses yang berlangsung.

2. Mendapatkan Kembali Dana Asuransi

Ketika dalam masa pertanggungan tidak ada klaim, maka dana asuransi dapat kembali kepada Anda. Hal ini tentunya berbeda dengan asuransi konvensional karena dana tidak bisa kembali.

3. Sebagai Investasi Halal

Asuransi termasuk dalam investasi jangka panjang, karena dapat melindungi keuangan di masa krisis. Bagi muslim investasi terbaik yaitu tanpa riba, Al-maysir (perjudian), Al-gharar (ketidakpastian), dan dalam setiap prosesnya halal sesuai prinsip islam.

4. Prinsip Tolong-Menolong

Untuk terhindar dari riba prinsip yang digunakan berupa tolong-menolong atau gotong-royong. Yang mana setiap premi yang dibayarkan akan diputar melalui sistem risk transfer untuk membantu sesama nasabah yang tertimpa musibah.

5. Transparan

Di luar sana banyak sekali kasus asuransi yang merugikan nasabah karena tidak adanya transparansi. Berbeda dengan asuransi syariah, setiap nasabah dapat mengetahui bagaimana dana dikelola secara transparan dan jelas.

Asuransi TLO BCA

Saat ini banyak tersedia perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi mobil syariah. Salah satunya Asuransi TLO BCA untuk melindungi keuangan di masa krisis ketika kendaraan mengalami kerusakan total.

Untuk itu, jangan salah dalam memilih asuransi mobil syariah. Jika perlu Anda dapat bertanya kepada orang lain yang memiliki pengalaman asuransi mobil syariah atau lebih mudahnya dengan mengunjungi website Lifepal.

Lifepal adalah salah satu marketplace terbesar dengan menawarkan 500 ribu lebih produk asuransi dan bekerjasama dengan berbagai macam perusahaan syariah. Baik itu asuransi TLO BCA Finance atau yang lainnya.

Anda dapat cek simulasi melalui kalkulator digital di website Lifepal untuk menghitung berapa besar premi yang harus dibayarkan. Untuk asuransi konvensional biasanya ada perhitungan angsuran pokok dan bunga.

Contohnya Anda akan menghitung polis Asuransi TLO BCA, maka yang keluar pertama kalinya yaitu rincian polis asuransi. Jika sesuai dengan budget yang dimiliki tidak ada salahnya membeli polis asuransi saat itu juga.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan asuransi mobil syariah kedepannya Anda tidak bingung lagi dalam memilih polis asuransi. Terutama untuk umat islam, asuransi syariah merupakan alternatif terbaik menghindari riba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *