Mengapa Tubuh Mudah Berkeringat Setelah Mandi?

Mandi menjadi salah satu aktivitas agar badan kembali segar saat cuaca terlalu panas dan bau keringat. Akan tetapi, pernahkah Anda mengalami hal yang membuat jengkel yaitu habis mandi berkeringat?

Dalam kondisi tertentu mandi menjadi sia-sia karena bukannya badan tetap segar dan bau badan hilang, tetapi malah kembali berkeringat. Hal tersebut karena adanya peningkatan suhu tubuh yang terlalu tinggi yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Mengapa Tubuh Mudah Berkeringat Setelah Mandi?

Mengapa Tubuh Mudah Berkeringat Setelah Mandi
Mengapa Tubuh Mudah Berkeringat Setelah Mandi

Pada umumnya keringat muncul untuk mendinginkan tubuh terhadap suhu yang terlalu tinggi. Akan tetapi, ketika berkeringat tubuh menjadi tidak nyaman dan seringkali menimbulkan bau tidak sedap yang membuat rasa percaya diri hilang.

Produksi kelenjar keringat akan muncul saat melakukan aktivitas berat seperti olahraga, ruangan yang panas, kondisi cemas, dan ada juga karena penyakit hiperhidrosis.  Pun, penyebab habis mandi berkeringat karena adanya faktor tertentu.

Adapun faktor penyebab kenapa habis mandi berkeringat, yaitu:

1. Mandi dengan Air Hangat Saat Cuaca Panas

Mandi dengan air hangat dapat membuat otot-otot tubuh yang tegang menjadi rileks. Akan tetapi, habis mandi air hangat berkeringat bisa Anda alami saat cuaca terik.

Oleh karena itu, sebaiknya menghindari mandi dengan air hangat karena kelembaban ruangan cukup tinggi akan menyebabkan tubuh mudah berkeringat walau habis mandi.

2. Meningkatnya Suhu Tubuh

Meningkatnya suhu tubuh tidak hanya karena aktivitas olahraga, konsumsi makanan pedas setelah mandi pun bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, menggunakan pakaian terlalu ketat akan membuat Anda berkeringat setelah mandi.

3. Penyakit Hiperhidrosis

Hiperhidrosis merupakan sebuah kondisi dimana keringat akan muncul secara berlebih walau suhu tubuh normal. Jika Anda memiliki riwayat penyakit hiperhidrosis maka tidak menutup kemungkinan akan mengalami kondisi keringat mudah muncul sehabis mandi.

Untuk itu, Anda harus memakai baju longgar agar produksi keringat tidak semakin banyak. Tetap rutin mandi dua kali sehari jangan karena mudah berkeringat jadi jarang mandi.

4. Hindari Mandi Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga keringat yang keluar membuat badan menjadi lembab dan lengket. Walau begitu, sebaiknya hindari mandi setelah olahraga sebelum suhu tubuh turun. Anda bisa menunggu 20-30 menit sampai suhu tubuh normal.

Dengan begitu berkeringat habis mandi bisa dihindari. Tubuh pun kembali segar dan siap melakukan aktivitas tanpa cemas dengan produksi keringat.

5. Suhu Lingkungan

Kelembaban suhu ruangan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan habis mandi berkeringat. Dalam kondisi ini akan sulit dihindari, akan tetapi bisa Anda cegah dengan menjaga kelembaban ruangan tidak tinggi.

6. Handuk

Tidak menutup kemungkinan handuk yang Anda gunakan menjadi penyebab munculnya keringat setelah mandi. Misalnya handuk yang digunakan terbuat dari bahan yang membuat kondisi tubuh menjadi gerah.

Jadi, perhatikan jenis bahan handuk sebelum membelinya. Pastikan menggunakan handuk yang mudah menyerap air dan lembut. Karena gesekan dari handuk juga dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi panas yang memicu keringat.

Hindari Bau Badan dengan Dove Deodorants

Keringat memang tidak bisa dihindari karena muncul secara alami saat suhu tubuh meningkat. Akan tetapi, saat produksi keringat berlebih akan menyebabkan bau badan yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Solusinya Anda dapat menggunakan produk deodorant dari Dove untuk mencegah bau badan karena keringat. Tidak hanya itu Dove Deodorants dapat merawat kulit ketiak tetap cerah, lembut dan halus.

Menariknya Dove Deodorant menghadirkan beragam produk sesuai kebutuhan Anda, diantaranya:

  • Dove Complete Care yang dapat menutrisi dan melembabkan.
  • Dove Ultimate Repair untuk menghapus noda gelap.
  • Dove Deodorant Dry Serum berfungsi untuk menghapus noda gelap di ketiak.
  • Dove Deodorant Dry Serum untuk menghaluskan lapisan kulit ketiak.
  • Dove Invisible Dry yang tidak meninggalkan noda dipakai.
  • Dove Powder Soft yang mampu menjaga kulit ketiak tetap kering dan halus.

Selain varian di atas, masih ada beberapa Dove Deodorant Antiperspirant untuk melindungi dari keringat berlebih sekaligus perawatan kulit ketiak yang halus dan lembut. Untuk produknya tersedia dalam bentuk Roll On dan Spray.

Jadi, tidak perlu khawatir dengan keringat berlebih selama Anda memakai produk Dove Deodorant. Bahkan jika mengalami kondisi habis mandi berkeringat bisa gunakan produk Antiperspirant ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *