Mengenal Istilah Kesehatan dalam Diagnosa Medis

Dalam dunia medis, banyak istilah dalam kesehatan yang digunakan oleh para profesional kesehatan untuk menggambarkan kondisi, diagnosis, dan pengobatan. Memahami istilah-istilah tersebut dapat membantu pasien dan keluarganya untuk lebih memahami masalah kesehatan yang dialami.

Mengenal Istilah Kesehatan dalam Diagnosa Medis
Mengenal Istilah Kesehatan dalam Diagnosa Medis

Ada banyak istilah-istilah medis yang biasa digunakan saat bertemu dengan dokter atau berada di fasilitas kesehatan, dan tentu banyak orang yang tidak mengetahui istilah kedokteran dan artinya. Di bawah ini beberapa istilah kesehatan yang biasa digunakan dalam diagnosis medis beserta penjelasannya.

Akut 

Menurut kamus diagnosa dokter, yang dimaksud dengan akut adalah kondisi yang muncul secara tiba-tiba dan biasanya berlangsung singkat namun bisa menjadi sangat serius, dan dibutuhkan penanganan yang cepat. Contoh penyakitnya seperti diare akut atau leukimia akut.

Kronis

Beberapa orang sering salah mengartikan kronis dengan akut. Berbanding terbalik dengan akut, kronis mengacu pada penyakit yang berkembang perlahan dan berlangsung lama, seringkali seumur hidup. Misalnya penyakit bronkitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi dan berlangsung selama beberapa minggu, sedangkan bronkitis kronis adalah kondisi jangka panjang yang sering disebabkan oleh merokok.

Diagnosis

Diagnosis adalah proses menentukan suatu penyakit atau kondisi kesehatan berdasarkan gejala, tanda, dan hasil pemeriksaan medis. Untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat tenaga medis harus melakukan diagnosis yang akurat. Contohnya diagnosis diabetes meliputi pemeriksaan kadar gula darah dan gejala seperti sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan.

Skrining

Skrining adalah tes awal untuk mendeteksi keberadaan penyakit pada seseorang yang tidak menunjukkan gejala. Tujuannya adalah untuk mendeteksi penyakit pada tahap awal agar pengobatan bisa lebih efektif. Contohnya skrining mamografi untuk mendeteksi dini kanker payudara pada wanita.

Prognosis

Arti dari Prognosis menurut kamus bahasa medis adalah prediksi mengenai jalannya penyakit dan kemungkinan hasil akhir yang mungkin terjadi setelah tindakan pengobatan. Prognosis bisa baik atau buruk, tergantung pada stadium penyakit, jenis penyakit, dan respons terhadap pengobatan. Misalnya pada prognosis kanker stadium awal yang diobati dengan baik seringkali lebih baik dibandingkan kanker stadium akhir.

Komorbiditas

Komorbiditas adalah adanya dua atau lebih penyakit pada seseorang yang sama. Komorbiditas dapat mempersulit pengobatan dan mempengaruhi prognosis. Misalnya seseorang dengan penyakit diabetes dan hipertensi mempunyai komorbiditas yang memerlukan penanganan khusus.

Efek Samping

Efek samping adalah reaksi yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh penggunaan obat atau terapi tertentu. Efek samping yang terjadi bisa ringan atau berat, tergantung pada jenis obat dan kondisi pasien. Contohnya seperti efek samping kemoterapi yang umum meliputi mual, muntah, dan rambut rontok.

Idiopatik

Dalam istilah medis terdapat istilah idiopatik, yang memiliki arti mengacu pada suatu kondisi atau penyakit yang penyebabnya tidak diketahui. Meski sudah banyak penelitian yang dilakukan, namun penyebab beberapa penyakit masih belum diketahui. Contohnya fibrosis paru idiopatik adalah suatu kondisi di mana jaringan paru-paru menjadi kaku dan menebal tanpa sebab yang jelas.

Memahami istilah yang berhubungan dengan kesehatan dalam diagnosis medis dapat membantu pasien dengan lebih baik memahami masalah kesehatan mereka dan berkomunikasi secara lebih efektif dengan profesional kesehatan. Edukasi terus-menerus istilah kesehatan dan konsep medis merupakan langkah penting dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat.

pafitamianglayang.org merupakan website resmi Persatuan Profesi Farmasi Indonesia (PAFI) Cabang Kota Tamianglayang, Kalimantan Tengah. Terdapat banyak informasi menarik khususnya bagi Anda yang berprofesi di bidang farmasi.

Tinggalkan komentar