5 Cara Cepat Sembuhkan Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Apakah Anda pernah mengalami jempol kaki bengkak dan bernanah? Kondisi tersebut dapat dialami karena kuku kaki jempol menembus kulit sehingga menimbulkan peradangan.

Jempol kaki yang bengkak dan bernanah bukanlah kondisi yang serius. Meski demikian, Anda tidak boleh abai dan tetap harus mengatasinya. Pafidogiyai menyebut kondisi jempol kaki bengkak dan bernanah dengan istilah cantengan.

Mengatasi cantengan dapat membebaskan Anda dari rasa tidak nyaman dan sakit akibat jempol kaki yang bengkak. Selain itu langkah tersebut dapat mencegah infeksi yang mungkin saja timbul jika cantengan dibiarkan tanpa perawatan.

Cara Menyembuhkan Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Cara Menyembuhkan Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah
Cara Menyembuhkan Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Jempol kaki yang bengkak dan bernanah atau cantengan bukanlah kondisi medis yang membahayakan. Namun kondisi tersebut tetap perlu diperhatikan dan mendapatkan penanganan terlebih jika Anda memiliki masalah kesehatan pada kondisi aliran darah atau memiliki riwayat diabetes.

Kuku cantengan kerap terjadi karena kesalahan saat menggunting kuku. Kesalahan tersebut dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam daging sehingga menimbulkan rasa nyeri, bengkak bahkan bernanah.

Jika mengalami kondisi tersebut, ikutilah langkah berikut untuk mengobati cantengan di jempol kaki Anda:

Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam

Langkah sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengobati kaki cantengan adalah dengan merendamnya menggunakan air hangat dan garam. 

Merendam kaki dan larutan garam dalam air hangat membantu menjaga kaki tetap bersih dan mencegah infeksi. Anda dapat merendam kaki secara rutin, minimal satu kali sehari. Selain mencegah infeksi, air hangat pun dapat meredakan rasa sakit akibat pembengkakan.

Menggunakan Cuka Apel

Cara mengatasi kuku cantengan lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan merendamnya dengan menggunakan cuka apel. 

Cuka apel memiliki kandungan anti peradangan, antiseptik, dan anti nyeri yang efektif untuk mengobati jempol kaki bengkak dan bernanah.

Anda hanya perlu beberapa tetes cuka apel untuk kemudian dicampurkan dengan air yang akan digunakan untuk merendam kaki jempol. Rendamlah kaki Anda selama kurang lebih 20 menit.

Menggunakan Antibiotik

Selain merawat kuku jempol dengan merendamnya, Anda pun perlu mengoleskan salep antibiotik untuk mengobati masalah jempol kaki bengkak dan bernanah.

Salep antibiotik dapat membantu mempercepat proses penyembuhan cantengan sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

Cara mengobati jempol kaki bengkak dan bernanah dengan antibiotik dianggap langkah efektif untuk mencegah gejala yang lebih lanjut. Hal senada diungkapkan oleh pafidogiyai.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Pembengkakan jempol kaki akibat cantengan menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Konsumsilah obat pereda nyeri seperti naproxen atau ibuprofen untuk mengatasi rasa nyeri tersebut.

Obat pereda nyeri jenis tersebut dijual bebas di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Anda dapat mengkonsumsinya saat jempol kaki terasa nyeri.

Mengganjal Kuku dengan Kapas

Selanjutnya Anda dapat melakukan langkah pencegahan dengan memberi ganjalan kapas diantara kulit dan kuku. Langkah tersebut dilakukan dengan tujuan agar kuku tidak tumbuh menembus  daging, dan mengarahkan kuku untuk tumbuh ke arah yang benar.

Jempol kaki bengkak dan bernanah kerap terjadi akibat kuku yang tumbuh ke dalam daging. Kondisi yang dikenal dengan cantengan tersebut kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan langkah-langkah sederhana seperti merendam dengan air garam atau air cuka, menggunakan antibiotik, mengkonsumsi pereda nyeri jika diperlukan dan memberikan kapas untuk mencegah kuku masuk ke dalam daging.

Tinggalkan komentar