Kenali Perbedaan Tali Tampar dan Tali Manila

Tali tampar plastik merupakan salah satu barang yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Salah satunya dimanfaatkan untuk pembuatan tali jemuran.

Selain harga tali tampar terbilang cukup murah, alasan lain penggunaan tali tampar plastik ini karena multifungsi. Benar, kita bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Dan tentu saja cukup mudah untuk ditemukan di banyak toko-toko perkakas.

Namun, selain tali tampar plastik ini, ada tali yang juga banyak digunakan di Indonesia, yakni tali manila. Adakah yang pernah mendengar namanya?

Nah, untuk menghindari kesalahpahaman diantara kedua jenis tali ini, yuk kita cek bersama-sama apa definisi yang sebenarnya dari kedua tali ini, ya.

Penting untuk Diketahui, Inilah Definisi Antara Tali Tampar Plastik dan Tali Manila

Pengertian Tali Tampar Plastik

Tali tampar plastik atau yang juga sering disebut dengan tali tampar adalah jenis tali yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan buatan. Material yang umumnya digunakan adalah polyethylene.

Adakah yang tahu, jika ternyata penggunaan bahan ini akhirnya juga menjadi sebutan lain dari tali tampar ini. Ya, sebutan lainnya adalah tali PE, yang merupakan kependekan dari polyethylene sendiri.

Pengertian Tali Manila

Nah, berbeda dengan tali tampar tadi. Karena tali manila ini menggunakan material dari bahan alami.

Salah satu informasi menariknya adalah, bahwa serat yang banyak digunakan untuk bahan pembuatan tali ini berasal dari pohon-pohon pisang tertentu yang banyak tumbuh di negara Filipina.

Benar, inilah asal-usul mengapa tali ini dinamakan tali manila.

Kedua tali ini memang terlihat sangat mirip, tapi sesungguhnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Mari kita lihat bersama-sama, perbedaan apa saja yang dimiliki oleh dua tali yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Perbedaan Tali Tampar Plastik dengan Tali Manila, Dua Tali yang Multifungsi

Perbedaan Tali Tampar Plastik dengan Tali Manila, Dua Tali yang Multifungsi

1. Bahan Material

Seperti yang sebelumnya sudah disampaikan, bahwa kedua tali ini memiliki bahan material yang berbeda.

Tali tampar plastik menggunakan bahan sintetis, sedangkan tali manila menggunakan bahan serat alam. Inilah yang juga membuat harga tali tampar lebih murah dibandingkan tali manila.

2. Daya Tahan

Perlu diketahui, bahwa kedua tali ini memiliki “medan perang” yang berbeda. Dalam artian, ada daerah-daerah tertentu yang sangat cocok untuk kedua jenis tali ini.

Tali manila misalkan, tali ini sangat cocok jika digunakan di daerah dengan temperatur suhu yang tinggi.

Sedangkan tali tampar, akan sangat tahan dan awet jika digunakan di daerah atau kawasan dengan basah seperti pesisir. Mengapa?

Karena tali tampar ini tahan terhadap kelembaban yang bisa mengakibatkan terjadinya pembusukan hingga munculnya jamur-jamur.

3. Kekuatan

Berbicara tentang kekuatan, maka sangat tergantung pula dengan penggunaan material yang digunakan. Bahan-bahan dari serat alam tentu tidak sekuat dengan bahan sintetis.

Untuk hal ini sendiri, tali tampar plastik memang lebih kuat jika dibandingkan dengan tali manila. Selain  itu, ternyata tali berbahan serat buatan ini juga lebih ringan dibanding dengan yang berbahan serat alam.

4. Pemanfaatan

Tali tampar maupun tali manila, sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan rumah tangga hingga olahraga, karena lebih kuat dan tahan di semua musim.

Namun demikian, banyak yang akhirnya menggunakan tali tampar untuk berbagai kebutuhan mereka. Karena tidak bisa dipungkiri, tali tampar ini memang cocok digunakan untuk di dalam dan luar uangan.

Untuk tali manila sendiri, akan lebih cocok jika digunakan sebagai bahan dekoratif. Karena bahannya dari serat alam, tentu memiliki corak yang sangat khas dan indah. Sentuhan lembut dan natural ini, tidak bisa dihasilkan oleh tali tampar plastik.

Megajaya.co.id, Toko Perkakas Lifting Equipment Andalan Kita Semua

Dari pembahasan di atas, tentu saja urusan mencari dan menemukan tali yang cocok untuk kalangan awam bukanlah hal yang mudah. Karena meskipun terlihat sama, nyatanya tali tampar dan tali manila ini sangat berbeda.

Nah, untuk teman-teman yang juga mengalami kebingungan bagaimana memilih tali yang cocok untuk beberapa keperluan, percayakan saja pada Megajaya.co.id ini.

Pertama, toko perkakas online ini menyediakan bahan keperluan untuk kegiatan industri berat. Produk-produk andalan di toko ini seperti kawat seling, sling belt hingga rigging.

Kedua, menyediakan banyak pilihan ekspedisi dan metode pembayaran. Hal ini tentu saja sangat memudahkan bagi para pelanggan untuk melakukan transaksi dan proses pengiriman barang menjadi lebih mudah.

Nah, yuk ketahui selengkapnya tentang Megajaya.co.id ini di seluruh akun media sosial mereka, atau bisa langsung datang ke Lindeteves Trade Centre, LTC Glodok GF2 B1 No. 12, Jakarta Barat – 11180. Karena tidak hanya tali tampar plastik saja, kita bahkan juga bisa mendapatkan dongkrak di toko online ini, loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *