Cara Membuat Masker Alami untuk Bekas Jerawat di Rumah

Jerawat merupakan permasalahan kulit wajah yang sering menyebabkan rasa percaya diri menurun, apalagi jika sampai ada noda hitam bekas jerawat. Mengatasinya bisa membuat masker alami sendiri di rumah. 

Membuat masker alami salah satu antisipasi agar bekas jerawat bisa cepat hilang. Selanjutnya bisa menggunakan produk kimia yang sesuai dengan standar dan anjuran organisasi farmasi indonesia pafikotalubukpakam.org. 

Cara Membuat Masker Alami untuk Bekas Jerawat

Cara Membuat Masker Alami untuk Bekas Jerawat di Rumah
Cara Membuat Masker Alami untuk Bekas Jerawat di Rumah

Tidak semua jenis jerawat menimbulkan bekas ketika hilang atau sembuh. Akan tetapi, jerawat yang sudah membandel dan sering Anda tekan-tekan dapat menyisakan bekas atau noda hitam yang akan mempengaruhi penampilan. 

Terutama dalam hal rasa percaya diri, Anda akan kesulitan berekspresi karena khawatir dengan pandangan orang lain. Untuk itu, segera lakukan pengobatan dengan membuat masker penghilang bekas jerawat dengan bahan alami atau yang ada di rumah.  

Adapun cara membuat masker alami, yaitu:

1. Kunyit 

Kunyit merupakan jenis rimpang yang banyak digunakan sebagai bahan kosmetik dan skincare. Biasanya akan mudah Anda temukan pada ingredient produk untuk mengatasi masalah jerawat. 

Hal tersebut karena kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi, antioksidan, maupun antiseptik. Untuk itu, sediakan kunyit bubuk dengan tepung kacang arab dan minyak almond. 

Campurkan ketiga bahan tersebut dan buat pasta dengan menuangkan air secukupnya. Selanjutnya, oleskan pada kulit wajah hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Tahap terakhir bilas menggunakan air dingin. 

2. Putih Telur

    Membuat masker menghilangkan bekas jerawat secara alami bisa menggunakan putih telur. Pada putih telur terdapat enzim lysozyme yang memiliki manfaat dalam mengatasi permasalahan kulit jerawat. 

    Gunakan putih telur dan campurkan dengan perasan air lemon. Oleskan pada kulit wajah Anda secara merata dan tunggu hingga 15 menit. Selanjutnya, bersihkan menggunakan air bersih. 

    3. Madu

      Madu memiliki banyak khasiat tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa Anda gunakan dalam pembuatan masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat. Salah satu khasiat madu yaitu sebagai anti bakteri. 

      Jerawat juga permasalahan kulit wajah yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mengatasi radang karena jerawat hingga menghilangkan bekasnya cukup dengan oleskan madu pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Untuk membersihkannya gunakan air hangat. 

      4. Teh Hijau

        Membuat masker untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami maka pilih bahan yang memiliki sifat antioksidan, anti peradangan, maupun anti bakteri. Keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan dari teh hijau. 

        Cara aplikasi masker teh hijau sangat mudah. Ambil satu kantung teh hijau, seduh, dan simpan selama 1 jam. Untuk aplikasi masker pada wajah ambil ampas teh atau daunnya. Setelah mengoleskan merata, tunggu 10 menit dan bilas dengan air bersih. 

        5. Lidah Buaya

          Mengatasi bekas jerawat yang tidak kunjung hilang bisa menggunakan daging lidah buaya. Asam salisilat pada lidah buaya dapat mengatasi permasalahan kulit karena jerawat. 

          Untuk membuat masker, ambil daging lidah buaya secukupnya dan haluskan. Oleskan merata ke seluruh wajah dan tunggu hingga 15-20 menit. Selanjutnya, bersihkan menggunakan air bersih. 

          Menghilangkan bekas jerawat tidak sulit, untuk masker alami lakukan secara rutin. Anda juga bisa membeli masker penghilang bekas jerawat di indomaret dengan harga terjangkau. 

          Walau begitu pastikan produk yang Anda beli aman dan tidak mengandung bahan berbahaya. Anda bisa dapatkan informasi sesuai bahan-bahan yang aman melalui organisasi kefarmasian pafikotalubukpakam.org

          Tinggalkan komentar