Fungsi Chain Block Berdasarkan Fungsinya

Pekerjaan memindahkan barang atau mengangkat barang lebih mudah dengan hadirnya Chain Block di bidang industri. Pekerjaan angkat barang lebih ringan dan efisien waktu. Barang yang dipindahkan pun lebih banyak daripada hanya dibebankan pada tenaga manusia. Beban maksimal Chain Block 3 ton ada banyak, mulai 0,5 ton hingga puluhan ton.

Sebelum membahas fungsi dari Chain Block, Anda perlu mengetahui apa itu Chain Block dan bagian-bagian yang ada pada alat tersebut.

Pengertian, Komponen, Cara Kerja Chain Block

Chain Block adalah pesawat angkat sederhana yang menggunakan dua rantai dan dua hook atau pengait. Pesawat angkat ini sering digunakan di bidang industri, konstruksi, maupun pekerjaan lapangan.

Chain Block terdiri dari beberapa bagian antara lain dua pengait, roda bergerigi, dua rantai, dan pulley. Pengait atas yang nantinya dikaitkan pada crane atau tempat yang kuat. Untuk rantai ada hand chain, fungsinya ditarik oleh manusia atau mesin.

Cara kerjanya sebagai berikut, pertama kaitkan pengait atas ke tempat yang kuat dan tentukan ketinggiannya. Kedua kaitkan hook bawah ke beban/barang. Ketika tarik hand chain, bisa menggunakan tenaga manusia atau tenaga mesin. Pesawat angkat ini memang sederhana dan mudah penggunaannya.

Maksimal berat mulai dari 0,5 ton, 3 ton, hingga 30 ton. Chain Block 3 ton, kemampuan untuk mengangkat barangnya hanya sampai 3 ton. Jika barangnya lebih dari 3 ton sebaiknya gunakan Chain Block yang maksimum loadnya 5 ton.

Industri yang Menggunakan Chain Block

Industri yang Menggunakan Chain Block

Industri yang menggunakan Chain Block dari Takel 3 ton hingga puluhan ton. Berikut sebagian industri yang menggunakannya:

  1. Dermaga/Perkapalan, memudahkan memindahkan muatan ikan atau muatan barang.
  2. Bengkel mobil menggunakan Chain Block dengan beban 250 kg untuk memindahkan mesin dari dan ke dalam mobil. Sehingga lebih ringan tanpa banyak orang yang mengangkatnya.
  3. Kilang minyak bumi dan gas, untuk memindahkan pipa-pipa pengeboran.
  4. Pabrik, untuk memindahkan bahan produksi dan hasil produksi.
  5. Pergudangan, dalam bidang ini sangat membantu untuk memindahkan barang dengan beragam volume.
  6. Bidang Distribusi, logistik, dan transportasi. Ragam barang yang dipindahkan dari yang berat, volume, dan jumlahnya.
  7. Kontruksi, berguna untuk memindahkan bahan-bahan bangunan, gorong-gorong, tiang, dan lainnya.
  8. Dan bidang industri lainnya yang membutuhkan angkat beban.

Fungsi Chain Block Menyesuaikan Tonasenya

Fungsi Chain Block/Takel secara umum untuk memindahkan atau mengangkat barang/beban. Namun, ada fungsi yang berdasarkan beban maksimal ton-nya.

1. Takel 1 Ton

Sesuai dengan namanya Takel ini hanya berfungsi mampu mengangkat beban maksimal 1 ton. Untuk Takel 1 ton merk Toyo memiliki dua jenis yaitu elektrik dan manual. Jenis elektrik ini membutuhkan tenaga listrik untuk memindahkan barang. Bagus untuk industri yang menggunakannya setiap hari/sering, karena lebih praktis dan efisien.

2. Takel 2 Ton

Takel ini memiliki maksimal angkat beban seberat 2 ton. Bentuk Takel lebih besar dari Takel 1 ton, mulai dari rantainya hingga roda geriginya. Namun Takel 2 ton Toyo mudah untuk dipindahkan karena bentuknya yang compact. Bisa digunakan untuk luar ruangan maupun dalam ruangan. Juga terdapat dua jenis Takel manual dan elektrik.

3. Takel 3 Ton

Takel 3 ton dari Toyo memberikan fungsi keamanan lebih bagi penggunanya. Tidak memerlukan pelumas pada roda bergeriginya dan mudah perawatannya. Bahannya utamanya dari baja tapi beratnya ringan sehingga cocok untuk pekerjaan di luar ruangan.

4. Takel 5 Ton

Fungsi dari Takel ini umumnya digunakan pada bidang konstruksi. Beban maksimal yang bisa diangkut seberat 5 ton. Takel ini menggunakan rantai yang besar dan roda besar juga sehingga untuk pekerjaan di lapangan sangat cocok.

Penggunaan di lapangan membutuhkan bahan khusus agar komponen Takel tidak mudah berkarat. Biasanya ada lapisan khusus untuk rantainya. Untuk menggunakannya bisa menggunakan crane besar.

Ketika membeli Chain Block bisa ditentukan dari awal agar tidak bingung di tempat pembelian. Dengan penjelasan dari pengertian hingga fungsinya Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan pekerjaan Anda. Untuk mendapatkan Chain Block 3 ton yang berkualitas Anda bisa temukan di Megajaya.co.id.

Alasan memilih Takel 3 ton atau Chain Block 3 ton di Megajaya.co.id adalah merupakan distributor yang khusus untuk memenuhi kebutuhan lifting dari hoist, chain, dan lainnya. Distributor terpercaya dengan banyak variasi perlengkapannya dan modern. Dapatkan Takel 3 ton di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *