Cara Jitu Memilih Reksa Dana Saham

Investor pemula pasti kebingungan saat memilih reksa dana yang sesuai kebutuhan. Pasalnya, banyak yang harus dipertimbangkan, seperti jenis reksa dana hingga manajemen investasi yang jumlahnya puluhan. Untungnya, investor bisa mempercayai Manulife Investment Management.

Pada reksa dana saham, investor tidak perlu terjun sendiri untuk mengamati pergerakan harga saham. Aktivitas ini akan dilakukan oleh manajemen investasi yang sudah Anda pilih. Sebagai panduan singkat, berikut cara memilih reksa dana saham yang terbaik bagi investor pemula.

Cara Memilih Reksa Dana Saham

Cara Memilih Reksa Dana Saham

Meski telah memilih manajemen investasi terpercaya seperti Reksa Dana Manulife untuk menjalankan, Anda tetap harus paham apa yang harus dilakukan. Agar tidak salah langkah, inilah tips tepat memulai investasi di reksa dana saham.

1. Pahami Tujuan Investasi Reksa Dana

Anda harus memastikan kapan dana investasi tersebut akan digunakan. Peluang pertumbuhan di reksa dana saham memang baik, namun perhatikan juga risiko harga saham yang naik- turun di pasar modal.

Reksa dana saham adalah kelas aset terbaik untuk tujuan jangka panjang lebih dari lima tahun. Pasalnya, saham bergejolak dalam jangka pendek, namun dalam jangka panjang, risiko perubahan harga di pasar modal dapat teratasi.

Bagi investor dengan profil risiko sedang atau bertujuan investasi jangka menengah, manfaatkan sebagian kecil dana untuk reksa dana saham.  Ini bisa menjadi pemacu bagi kinerja portofolio investasi secara keseluruhan. Misalnya, alokasikan 10% di reksa dana saham, dan sisanya pada investasi lain yang resikonya lebih rendah.

2. Mengenal Jenis Reksa Dana

Setelah menetapkan tujuan, kenali jenis-jenis reksa dana dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Reksa dana memiliki kelebihan dengan menghadirkan solusi investasi bermodal rendah.

Ada beragam jenis yang bisa Anda pilih, seperti reksa dana saham, reksa dana pasar uang, campuran, dan reksa dana pendapatan tetap. Ada juga produk reksa dana berdasarkan tema investasi, seperti syariah, atau berdasarkan sektor tertentu, misalnya teknologi.

Pemahaman setiap jenis reksa dana akan memudahkan dalam mengambil keputusan. Akhirnya, Anda bisa mendapatkan hasil atau return yang sesuai dengan tujuan investasi. Lakukan konsultasi dengan manajemen investasti berpengalaman seperti Reksa Dana Manulife untuk hasil terbaik.

3. Memilih Manajemen Investasi Terpercaya Seperti Manulife Investment Management

Setelah memutuskan jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi, maka selanjutnya adalah memilih manajemen investasi. Langkah ini penting karena manajemen investasi berperan dalam pengelolaan dana investasi.

Lakukan riset untuk memilih manajemen investasi yang handal dan dapat dipercaya. Anda bisa mencari informasi melalui internet, meminta rekomendasi teman atau keluarga yang melakukan investasi di reksa dana, atau sumber lainnya.

Penting lagi, Anda harus mengecek legalitas perusahaan manajemen investasi. Pastikan perusahaan yang hendak dipilih telah resmi terdaftar di OJK. Anda harus berhati-hati dengan manajemen abal-abal yang memasang logo OJK seolah-olah telah berizin resmi.

Agar tidak terjebak oleh perusahaan ilegal, Anda dapat mengecek daftar nama manajemen investasi melalui situs web OJK di https://reksadana.ojk.go.id/Public/ManajerInvestasiList.aspx. Semua perusahaan yang tertulis di situs web tersebut sudah pasti telah mengantongi izin resmi.

Periksa rekam jejak dan prestasi manajemen investasi yang hendak Anda pilih melalui situs perusahaan maupun artikel lain. Ada baiknya untuk mengetahui para profesional yang bekerja di dalamnya, serta cara pengelolaan perusahaan yang diterapkan manajemen investasi tersebut.

Sebagai langkah tepat, Anda bisa memilih Manulife Investment Management sebagai perusahaan manajemen investasi untuk mengelola dana investasi. Hadir di Indonesia sejak tahun 1996, Reksa Dana Manulife memberikan solusi investasi reksa dana, baik untuk individu maupun korporasi.

Reksa Dana Manulife merupakan salah satu manajer investasi terbesar di reksa dana industri yang telah mengantongi beragam penghargaan dan pengakuan dari pihak luar. Manulife telah tercatat oleh OJK dan memiliki izin sebagai manajer investasi berdasarkan Keputusan Ketua BPPM.

Saat memilih manajemen investasi, periksa juga portofolio yang pernah dan sedang dikelola. Intinya, Pilih perusahaan dengan reputasi dan rekam jejak baik, prestasi tinggi, serta mempunyai nama besar. Kelebihan ini akan menyebabkan Anda dapat berinvestasi dengan tenang dan aman.

4. Perhatikan Kinerja Reksa Dana Selama Periode Menengah hingga Panjang

Anda bisa melihat konsistensi kinerja reksa dana berdasarkan peringkatnya. Beberapa perusahaan, seperti Morningstar Rating, melakukan pemeringkatan reksa dana yang hasilnya bisa digunakan sebagai acuan untuk melihat kinerja.

Suatu misal, pada bulan Juni 2021, Reksa Dana Manulife Saham Andalan (MSA) dan Manulife Greater Indonesia Fund (MGIF) memperoleh rating bintang 5 dari Morningstar. Hasil ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih manajemen investasi dan reksa dana yang terbaik.

Reksa dana saham merupakan peluang investasi jangka panjang yang bisa Anda lakukan untuk masa depan. Apapun kebutuhannya, Manulife Investment Management memberikan solusi investasi yang tepat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *