Asuransi Mobil All Risk : Pengertian, Keuntungan, Cara Klaim

Semakin terjangkaunya harga mobil dipasaran dan menunjang mobilitas kalangan masyarakat membuat kendaraan tersebut masuk di dalam kategori tersier atau mewah. Pada era seperti sekarang ini hampir semua kalangan masyarakat membutuhkan transportasi pribadi yang dilengkapi asuransi terbaik untuk kendaraan.

Bahkan, untuk saat ini tidak hanya orang kaya saja yang bisa membeli mobi. Akan tetapi, untuk kalangan masyarakat menengah pun kini juga bisa menjadikan mobil sebagai kebutuhan yang penting.

Supaya mobil tetap berada di kondisi aman, maka langkah yang bisa dilakukan adalah pendaftaran pada asuransi terbaik. Kini memang banyak sekali jenis asuransi comprehensive all risk untuk mobil yang bisa dipilih.

Akan tetapi, perlu diingat lagi tidak semua asuransi comprehensive all risk untuk mobil ini memberikan layanan terbaik. Supaya tidak salah dalam pemilihan, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perihal asuransi terbaik. Sedangkan, bagi Anda penasaran dengan perihal asuransi mobil all risk yang bagus bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobill all risk adalah salah satu produk asuransi memberikan perlindungan terhadap mobil dari segala jenis risiko yang mungkin saja terjadi. Untuk beberapa resiko mobil yang bisa diklaimkan dengan asuransi adalah kecelakaan, bencana alam, rusak akibat terserang kerusuhan atau hura-hura dan hilang dicuri orang. Pada asuransi mobil all risk termurah ini juga mempunyai sebutan lain yaitu comprehensive.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil

Pengertian Asuransi Mobil All Risk

Pada saat menggunakan asuransi terbaik Anda bisa mendapatkan 3 keuntungan yang yang belum tentu didapatkan pada jenis lainnya, yaitu:

1. Mobil Terlindungi Secara Total

Dengan menggunakan asuransi mobil Sinarmas all risk, Anda tidak perlu lagi merasa cemas akan risiko kerusakan yang bisa saja menimpa mobil. Untuk jenis asuransi yang satu ini berbeda dengan lainnya yang mengharuskan kerusakan mobil berada di atas 75%.

2. Mempunyai Cakupan Manfaat yang Lebih Luas

Berbeda dengan jenis asuransi TLO yang hanya mencakup manfaat kerusakan dan kehilangan total. Untuk jenis asuransi comprehensive all risk untuk mobil ini juga memberikan pilihan dalam perluasan jaminan.

Dengan perluasan jaminan ini bisa memberikan perlindungan terhadap mobil dari beberapa risiko khusus, seperti bencana alam, kerusuhan sampai dengan tanggung jawab pihak ketiga jika terjadi kecelakaan. Bahkan, untuk pengendara yang terluka akibat kecelakan mobil juga bisa bantu dengan asuransi.

3. Membuat Pikiran Lebih Tenang

Seperti yang diketahui, untuk asuransi comprehensive all risk untuk mobil ini bisa membuat Anda tidak perlu takut dan cemas di saat terjadi beberapa hal buruk. Semua beban biaya perbaikan yang terjadi pada mobil juga tidak akan menghantam dompetmu. Pada intinya, dengan menggunakan asuransi all risk ini bisa membuat hidup lebih nyaman dan tenang.

Cara Klaim Asuransi Mobil

Pada saat ingin melakukan klaim premi asuransi mobil all risk garda oto ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Paling terpenting adalah menyiapkan surat atau dokumen klaim asuransi terlebih dahulu.

1. Syarat atau Dokumen Klaim Asuransi Comprehensive All Risk untuk Mobil

  • Polis asuransi fotokopi dan asli.
  • SIM dan STNK fotokopi.
  • Bukti laporan dari kepolisian, ketika terjadi kecelakaan.
  • Formulir klaim yang lengkap dengan tandatangan.
  • Menuliskan kronologi, ketika terjadi kecelakaan.
  • Memfoto kondisi kendaraan.
  • Fotokopi KTP, SIM dan STNK dari pihak ketiga.
  • Surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang sudah ditandatangani dan dibubuhkan dengan materai.
  • Surat pernyataan yang menyatakan, bahwa pihak ketiga tidak mempunyai asuransi kendaraan bermotor.
  • Surat keterangan dari polisi mengenai kronologi kecelakaan.

2. Cara Klaim Asuransi Comprehensive All Risk untuk Mobil

Setelah semua data klaim asuransi sudah lengkap, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu:

  • Setelah semua dokumen lengkap, maka bisa langsung saja datang ke bengkel mobil rekanan.
  • Jika perlu, Ana bisa langsung menghubungi pihak agen asuransi.
  • Isikan semua formulir klaim asuransi secara lengkap.
  • Pihak bengkel akan langsung melakukan konfirmasi pada pihak asuransi.
  • Mobil akan segera dilakukan perbaikan, ketika konfirmasi sudah diterima.

Satu hal yang perlu diingat, untuk masalah asuransi ini juga dipengaruhi dengan harga iuran setiap bulannya. Artinya bagi Anda yang sudah mendapatkan harga asuransi mobil all risk tinggi, maka semua pengeluaran perbaikan mobil akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak agen.

Akan tetapi, untuk masalah ini bisa dilakukan konfirmasi terlebih dahulu oleh pihak agen asuransi terbaik. Paling tidak, Anda bisa melihat akad perjanjian asuransi yang bersamaan di saat tanda tangan berlangsung.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai pengertian, manfaat dan cara klaim asuransi comprehensive all risk untuk mobil. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mendaftarkan kendaraan di salah satu agen asuransi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *