Apa itu Gudang? 

Gudang merupakan salah satu faktor penting yang mendukung jalannya bisnis terutama di bidang industri. Mengapa demikian? Hal tersebut karena barang yang diproduksi biasanya akan disimpan terlebih dahulu sebelum kemudian didistribusikan.

Namun tak hanya di bidang industri besar saja, beberapa UMKM juga memakai gudang untuk menyimpan stok barang yang dimiliki supaya lebih rapi dan terorganisir dengan baik.

Fungsi Gudang sebagai Pusat Penyimpanan

"Fungsi

Sebagai tempat penyimpanan barang, warehouse memiliki beberapa fungsi penting bagi setiap perusahaan. Beberapa macam fungsi tersebut akan dibahas satu-persatu dalam poin-poin di bawah ini.

1. Berperan dalam Industri Retail

Industri retail biasanya memiliki tempat penyimpanan barang khusus yang menampung barang dari pemasok untuk disalurkan ke reseller atau toko yang dikelola.

Mengapa tidak langsung disimpan di toko? Hal tersebut karena meski toko memiliki lahan yang luas, namun ruang untuk gudang penyimpanan barang masih terbatas.

Maka dari itu, toko akan menyesuaikan stok barang sesuai dengan barang yang berhasil dijual dan stok yang masih tersedia.

2. Pusat Distribusi Barang

Saat SOP penyimpanan di Gudang dipatuhi dengan baik, tempat satu ini juga bisa dijadikan sebagai pusat distribusi barang yang akan menekan biaya pengiriman, dibandingkan dengan mengirimkan barang langsung ke lokasi.

Selain itu, saat barang disimpan di rak penyimpanan barang sesuai dengan kategorinya masing-masing maka barang akan lebih tertata dan mudah ditemukan saat ingin dikirimkan ke beberapa lokasi tujuan.

3. Fulfilment Centre

Gudang sebagai fulfillment center artinya barang akan disimpan sementara oleh logistik pihak ketiga untuk memenuhi pesanan dari konsumen dalam bisnis online atau e-commerce.

Rak penyimpanan di gudang akan membantu barang-barang terlihat rapi dan lebih terawat. Selain itu, warehouse yang juga berfungsi sebagai fulfillment center biasanya memiliki sebuah sistem untuk menunjang proses pengadaan di e-commerce.

4. Logistik Pengembalian Barang

Proses pengembalian barang dari konsumen ke distributor atau reverse logistics juga merupakan sebuah fungsi gudang yang sangat penting. Pengembalian ini bisa terjadi karena kerusakan barang atau barang akan dimanfaatkan kembali kegunaannya.

Karena proses penyimpanan barang adalah salah satu hal yang penting bagi kegiatan yang berjalan mulai dari pemasok hingga ke konsumen, maka adanya warehouse menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam industri.

Penjelasan mengenai gudang dan fungsinya sebagai tempat penyimpanan selengkapnya di sini. Semoga penjelasan dan poin-poin yang diberikan dapat dipahami dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *