7 Tools Penting untuk Data Analytic

Data analyst, yakni orang yang melakukan analisis data adalah salah satu pekerjaan yang paling dicari sekarang ini. Tidak heran jika banyak orang yang mulai belajar IT agar bisa menangkap peluang tersebut dikarenakan pada analisis data menggunakan tools-tools IT tertentu.

Sebelum membahas apa saja tools yang bisa digunakan untuk data analytic atau analisis data, perlu Anda ketahui dulu apa itu analisis data.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Youtube Analytics

Apa itu Analisis Data

Analisis data menurut para ahli, salah satunya menurut Moleong, analisis data adalah suatu proses pengorganisasian hingga mengurutkan data ke dalam pola, kategori, atau satuan uraian dasar tertentu hingga mendapatkan rumusan hipotesis dari data tersebut.

Secara umum, Analisis data adalah proses pengumpulan atau pengelompokan, melihat keterkaitan dan perbandingan data, persamaan atau perbedaan data, hingga membuat model data sehingga hasil analisis data penelitian tersebut dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis atau perusahaan.

Analisis data biasanya mencakup volume data yang sangat besar baik yang terstruktur ataupun tidak terstruktur yang kemudian dikenal dengan analisis big data.

Data analytic pada dasarnya menggunakan analisis data statistik. Sehingga dengan adanya big data dengan data statistic tersebut, dibutuhkan tools analisis tertentu untuk mendapatkan hasil yang akurat melalui proses yang lebih efisien.

7 Tools Penting untuk Data Analytic

Tools Penting untuk Data Analytic

Belajar data analytic sama halnya dengan belajar IT karena tools yang akan digunakan adalah tools yang berkaitan dengan IT.

Jika Anda punya banyak kesempatan, Anda bisa belajar dengan kursus IT, tapi tenang saja karena Anda juga bisa belajar analisis data secara mandiri. Berikut ini adalah 7 tools penting untuk data analytic yang perlu Anda ketahui:

1. Microsoft Excel

Tool yang satu ini pasti tidak asing bagi Anda bukan? Benar sekali, microsoft excel ternyata memiliki banyak fitur  yang sangat membantu proses analisis data seperti fitur pivot table, what-if analysis, dan fitur lainnya.

2. Microsoft BI

Meskipun sama-sama berasal dari Microsoft, tetapi Microsoft BI memiliki fitur yang berbeda dengan Microsoft Excel. Pada Microsoft BI, Anda bisa memvisualisasikan data dari beberapa sumber data yang berbeda secara sekaligus dengan mudah.

3. Tableau

Selain tools keluaran Microsoft, Anda juga bisa menggunakan tableau untuk data analytic. Melalui tableau ini, Anda bisa memvisualisasikan data dengan lebih interaktif.

Selain itu, tableau juga sudah terintegrasi dengan bahasa skrip, sehingga bisa melakukan perhitungan kompleks dengan bahasa R dan Python.

4. Sisense

Buat Anda yang biasanya bingung membaca data kompleks, mungkin Anda perlu mencoba tool Sisense ini. Sisense akan membantu Anda untuk memvisualisasikan hasil data dengan sesederhana mungkin dan tidak kalah menarik dari segi visualnya.

5. Xplenty

Salah satu tool integrasi data yang banyak digunakan adalah Xplenty. Hadir dengan pipeline data yang sederhana, Xplenty mendukung fleksibilitas dalam transformasi data.

6. RapidMiner

Menggunakan tool analytic data RapidMiner, data yang dibarengi dengan data mining akan menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan RapidMiner mempunyai berbagai fitur untuk melakukan analisis prediktif.

7. KNIME

Tool terakhir yang bisa Anda pertimbangkan untuk data analytic adalah KNIME yang dapat digunakan untuk menganalisis dan memvisualisasikan data melalui visual programming. Selain itu, KNIME juga sudah terintegrasi dengan komponen-komponen data mining dan machine learning.

Itulah 7 tools penting untuk Data Analytic yang bisa Anda pelajari. Tetapi, buat Anda yang tidak mau ribet dan pusing belajar IT untuk analisis data secara mandiri, Anda bisa mengambil kursus IT.

Sebagai salah satu penyedia kursus IT terdepan di Indonesia, Coding Studio bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda mengasah kemampuan analisis data.

Tidak hanya menyediakan kursus untuk data analytic, Coding Studio juga menyediakan beragam pilihan kursus lainnya yang bisa meningkatkan skill IT Anda. Diantaranya seperti belajar membuat aplikasi, desain user Interface, cyber security, digital marketing, dan beragam lainnya.

Selain pilihan materi kursus yang beragam, Coding Studio juga menawarkan banyak manfaat seperti materi kursus yang dapat diakses selamanya, sistem belajar yang berbasis studi kasus dan proyek, waktu belajar fleksibel, didampingi oleh pengajar berpengalaman, dan Anda juga akan mendapatkan sertifikat.

Untuk informasi lengkap lainnya bisa Anda dapatkan melalui codingstudio.id, mending langsung dicek aja ya, kebetulan lagi banyak diskonnya nih! Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *