7 Tips Lari Bagi Pelari Pemula

Apa olahraga yang cocok dilakukan di masa pandemi ini? Lari bisa menjadi pilihan yang tepat. Olahraga lari mudah dikerjakan karena Anda hanya butuh diri sendiri dan sepatu lari (running shoes). Keuntungan lain yang didapatkan, Anda bisa sedikit menghirup udara segar.

Namun, bagi beberapa orang, olahraga lari bisa jadi pilihan yang berat ketika tidak tahu cara memulainya. Anda pelari pemula? Baca tips lari bagi pemula dalam artikel ini hingga selesai.

Tips Lari Bagi Pemula

Tips Lari Bagi Anda yang masih tahapan Pemula

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai pelari pemula:

1. Mulai Saja Dulu

Daripada menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan banyak hal tentang olahraga lari, sebaiknya Anda memulainya saja dulu. Di awal Anda memulai, lupakan tentang target kecepatan dan jarak yang harus ditempuh.

Menurut Matthew Meyer, pelatih bersertifikat dan pelatih lari di Mile High Run Club New York and Streets 101, pelari pemula dapat mengawali dengan berlari selama 20 menit sebanyak tiga kali seminggu. Kemudian meningkat menjadi 25 menit sebanyak empat kali seminggu secara bertahap dan seterusnya.

2. Download Aplikasi Olahraga dan Ikuti Online Class

Sebelum mulai berlari, download aplikasi atau ikuti online class untuk membantu memilih teknik berlari yang tepat dan mendapatkan tips menjaga stamina.

3. Lakukan Metode Lari-Jalan

Dengan target waktu lari selama 20 menit, Meyer menyarankan membagi durasinya dan diselingi periode berjalan untuk menenangkan kaki. Jika Anda bingung menentukan rasio waktu berlari dan berjalan, cobalah jadwal lari-jalan selama 10 minggu berikut:

  • Minggu 1: 2 menit lari, 4 menit jalan kaki.
  • Minggu 2: 3 menit lari, 3 menit jalan kaki.
  • Minggu 3: 4 menit lari, 2 menit jalan kaki.
  • Minggu 4: 5 menit lari, 3 menit jalan kaki.
  • Minggu 5: 7 menit lari, 3 menit jalan kaki.
  • Minggu 6: 8 menit lari, 2 menit jalan kaki.
  • Minggu 7: 9 menit lari, 1 menit jalan kaki.
  • Minggu 8: 13 menit lari, 2 menit jalan kaki.
  • Minggu 9: 14 menit lari, 1 menit jalan kaki.
  • Minggu 10: Berlari selama 30 menit.

4. Gunakan Teknik Pemanasan dan Pendinginan yang Tepat

Pemanasan yang tepat dapat meningkatkan aliran darah ke otot, membantu tubuh menghasilkan enzim pembakar lemak, dan menjadikan kegiatan lari Anda lebih efisien. Adapun pendinginan yang tepat dapat mengembalikan detak jantung menjadi normal dan mengistirahatkan tubuh.

5. Menjelajahi Tempat Baru

Salah satu bagian sulit dari berlari adalah mempertahankan motivasi. Karena itu, Anda perlu menjelajahi tempat baru untuk mengembalikan semangat lari. Anda bisa mencoba jalur taman, jalur hijau perkotaan, jalur pedesaan, treadmill gym, dan jalur lainnya.

6. Peningkatan Perlahan

Ketika Anda sudah merasa nyaman berlari hingga 30 menit, inilah waktunya meningkatkan tantangan. Anda dapat memperpanjang waktu latihan atau jumlah lari dalam satu minggu.

Meyer mengatakan, peningkatan total waktu atau jarak mingguan sebaiknya tidak lebih dari 10 persen. Pasalnya, peningkatan yang terlalu cepat berisiko menyebabkan kelelahan dan cedera.

7. Gunakan Alat Pendukung

  • Buat Diary Olahraga

Dalam diary ini Anda dapat menuliskan jenis lari (durasi, jarak, maupun olahraga khusus); makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum, selama, dan sesudah lari; cuaca; dan suasana hati Anda.

  • Rekan Olahraga

Kehadiran rekan olahraga dapat membantu Anda tetap termotivasi untuk berlari.

  • Musik

Beberapa jenis musik dapat meningkatkan semangat dan gembira,  serta membuat Anda lupa pada rasa lelah.

  • Alat yang Tepat

Sepatu yang tepat dapat menghindarkan dari cedera dan berlari tanpa rasa sakit. Karena itu, kenakan sepatu yang nyaman untuk kaki Anda. Sepatu terbaik untuk berlari tentunya adalah sepatu lari (running shoes).

Traveloka PayLater menawarkan kemudahan untuk melakukan tujuh tips lari di atas. Anda bisa menggunakan kartu ini untuk berlangganan online class atau bertransaksi di aplikasi olahraga. Kartu ini praktis dan bisa menjadi solusi pembayaran kredit online yang aman.

Gunakan Traveloka PayLater untuk memulai olahraga lari yang lebih aman dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *