7 Manfaat Digital Marketing untuk UMKM di Indonesia

Manfaat Digital Marketing untuk UMKM di Indonesia – Belakangan ini para pelaku usaha menggunakan digital marketing, atau pemasaran digitl. Tak hanya usaha besar saja, bahkan usaha kecil atau UMKM yang baru merintis pun sudah terjun di pasar digital dan mmiliki pangsa pasar yang lebih luas. Memang digital marketing membuat Anda bisa menjangkau calon konsumen yang berkali lipat lebih luas dari marketing konvensional.

Tak heran jika kemudian banyak juga jasa digital marketing, yang menawarkan jasa mereka untuk membantu usaha kecil menengah di Indonesia bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar digital.

Salah satu strategi digital marketing adalah memasarkan produk melalui berbagai media social. Misalnya Instagram, Facebook, Twitter dan berbagai media social lainnya. Bahkan bisa juga menggunakan situs pribadi untuk memasarkan produk UMKM Anda.

Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

manfaat digital marketing, manfaat digital marketing bagi umkm, manfaat digital marketing menurut para ahli, manfaat digital marketing bagi perusahaan, manfaat digital marketing dan contohnya,

Lantas apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh UMKM jika menerapkan strategi digital marketing? Ada banyak sekali manfaat yang menarik, sehingga Anda bisa mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Apa saja? Silahkan simak di bawah ini :

1. Mempermudah Interaksi dengan Para Pelanggan

Ketika zaman belum menyentuh teknologi internet yang luas, untuk mencari informasi produk maupun layanan, calon pelanggan harus mencari informasinya lewat media cetak dulu. Bisa mencarinya di koran, majalah, dan bahkan juga banyak yang harus datang langsung ke lokasi. Tetapi dengan kemajuan zaman seperti saat ini, siapapun bisa mendapatkan informasi tentang apapun hanya lewat internet.

Anda sebagai pemilik usaha juga tidak perlu susah-susah mendatangi konsumen. Caranya jadi lebih mudah dan praktis karena tinggal mengoptimalkan akun medsos bisnis saja. Maka Anda bisa menjangkau semua konsumen yang dimiliki.

2. Tingkatkan Konversi Penjualan

Berbagai macam media digital yang ada, bisa memaksimalkan promosi produk yang UMKM Anda miliki. Anda bisa meraih calon konsumen yang lebih jauh, dan juga bisa meraih calon konsumen yang sudah  ditargetkan. Salah satu caranya bisa lewat mesin pencari,  calon pembeli yang mencari produk yang dibutuhkan dan kebetulan kata kuncinya sesuai dengan yang Anda pasang di situs bisnis, maka Google bisa menampilkan website Anda.

3. Menghemat Biaya untuk Promosi

Jika Anda membandingkannya dengan biaya iklan yang konvensional, sebenarnya biaya iklan digital itu lebih murah dan bahkan jauh lebih efisien juga. Promosi lewat internet bisa membuat Anda mendapatkan calon pembeli dari semua penjuru, bahkan di daerah pelosok sekalipun. Semua itu tidak akan didapatkan lewat promosi offline yang konvensional. Kalaupun bisa, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

4. Membuat Pelayanan Kostumer Real Time

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan strategi marketing digital, maka Anda bisa lebih mudah untuk merespon kostumer secara real time. Jadi, ketika calon kostumer atau kostumer Anda mengomentari postingan di medsos bisnis Anda, maka bisa langsung direspon dengan cepat karena notifikasinya langsung masuk ke notifikasi Anda.

Memang terdengar sedikit sepele, tetapi tahukah Anda bahwa hal kecil ini malah membawa dampak yang sangat bagus untuk usaha UMKM Anda. Konsumen akan merasa diperhatikan, dilayani dengan cepat dan merasa lebih puas.

5. Menjangkau Semua Pengguna Smartphone

Semua orang agaknya memiliki smartphone belakangan ini, dan terhubung ke internet 24 jam. Keuntungan memilih digital marketing adalah bisa menjangkau semua orang yang menggunakan internet lewat smartphone mereka masing-masing. Caranya? Lewat dengan iklan di media social mereka.

6. Untuk Tingkatkan Keuntungan

Tahukah Anda bahwa pemasaran digital mampu berikan ROI atau Return of Invetement yang jauh lebih baik, dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Hal ini bisa terjadi karena jangkauan digital marketing yang sangatlah luas, bahkan Anda bisa menjangkau calon konsumen di luar negeri tanpa kesulitan.

7. Membuat Anda Mampu Bersaing dengan Para Kompetitor

Dengan adanya pasar digital, Anda bisa bergabung dengan pasar bebas. Jika dulu rasanya mustahil sekali untuk bersaing dengan perusahaan besar, namun dengan kemajuan teknologi seperti sekarang Anda bisa melakukannya. UMKM kecil bisa bersaing secara sehat di pasar digital dengan perusahaan besar.

Itulah dia beberapa keuntungan digital marketing untuk UMKM di Indonesia. Jika Anda merasa belum percaya diri untuk melangkah sendiri, bisa memanfaatkan jasa digital marketing yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *