5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari

Olah raga ringan, meskipun terlihat sederhana, ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bagi teman-teman yang sibuk, tidak ada salahnya meluangkan beberapa menit untuk olah raga meskipun di rumah saja.

Untuk yang belum terbiasa bangun pagi, tentu akan merasa berat ketika harus bangun pagi-pagi dan melakukan hal di luar zona nyamannya. Namun, meskipun begitu, melakukan kegiatan fisik di pagi hari juga akan berdampak pada keseharian kita nantinya.

Coba kita cek penjelasan di bawah ini, kebiasaan baik apa saja yang bisa kita lakukan di pagi hari.

Kebiasaan Baik yang Bermanfaat di Pagi Hari

Kebiasaan Baik yang Bermanfaat di Pagi Hari

1. Siapkan daftar kegiatan sebelum tidur

Melalui daftar kegiatan ini, akan membuat kita mengetahui apa saja yang perlu segera dikerjakan hari itu. Dengan berpegang pada daftar ini, paling tidak kita akan mencoba mengatur waktu dengan sebaik mungkin.

Meskipun ditulis malam hari, bukankah kita akan segera membukanya di pagi hari?

2. Bangun lebih awal dari biasanya

Dengan bangun pagi lebih awal, ini juga akan membantu kita lebih bersemangat dalam bekerja. Tidak hanya itu, orang yang terbiasa bangun pagi, biasanya cenderung memiliki pola hidup yang lebih teratur dan sehat.

3. Cobalah menulis gratitude journal

Apakah teman-teman tahu, jika menuliskan jurnal bersyukur ini akan membuat kita lebih siap menghadapi hari dengan pikiran yang positif?

Dalam gratitude journal ini, teman-teman bisa menuliskan apa saja yang bisa disyukuri hari itu. Dengan cara ini, kita juga akan terbiasa untuk menghargai semua usaha diri sendiri.

4. Usahakan tetap menyantap sarapan

Kita tentu tahu, jika banyak orang yang bahkan dengan sengaja melewatkan jadwal untuk sarapan. Salah satu alasan yang banyak disampaikan adalah karena tidak memiliki waktu.

Padahal, dengan makan di pagi hari, kita telah mengisi energi melalui kalori dalam makanan.

Beberapa keuntungan sarapan yang perlu teman-teman ketahui antara lain : membantu memperbaiki pola makan, menjaga asupan nutrisi selama seharian, membantu memperbaiki kinerja otak dan meningkatkan serapan kalsium.

5. Berolahraga

Olah raga ini termasuk salah satu kegiatan yang banyak diabaikan oleh sebagian besar orang. Padahal, sejatinya kita bisa saja melakukan olah raga ringan di pagi sebelum sibuk dengan semua pekerjaan kantor.

Tentu saja ini akan berjalan dengan baik dan nyaman, jika kita bangun lebih pagi. Tidak masalah jika tidak melakukannya setiap hari, tapi kegiatan fisik seperti ini akan membuat tubuh lebih segar selama seharian berkegiatan.

Manfaat olah raga pagi yang mungkin akan kita rasakan, misalnya seperti membantu peningkatan metabolisme, lebih selektif dalam menu makanan, membantu menambah konsentrasi dan kesehatan psikis dan membuat tidur malam lebih berkualitas.

Manfaat Olah Raga Ringan untuk Penderita Neuropati

Manfaat Olah Raga Ringan untuk Penderita Neuropati

Sebelumnya, apakah teman-teman mengetahui tentang neuropati? Jika belum, kita coba bahas ini sebentar, untuk kemudian melanjutkan bahasan tentang manfaat olah raga ringan ini.

Neuropati adalah sebuah kondisi kelainan yang terjadi di saluran saraf manusia. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari bawaan lahir hingga luka fisik seperti cidera atau serangan sel mematikan (kanker).

Beberapa kondisi yang umum terjadi pada penderita neuropati, seperti : sensasi seperti menggunakan sarung tangan atau kaos kaki, kesemutan, gangguan pencernaan atau bahkan diare di malam hari, sulit menggerakkan anggota tubuh (tangan kaki), hingga jumlah keringat yang mengalami penurunan.

Nah, salah satu cara meredakan neuropati adalah dengan melakukan pola hidup sehat, seperti olah raga ringan. Apakah olah raga ringan bisa menyembuhkan neuropati? Belum ada penelitian lebih tentang hal ini.

Namun, olah raga ringan ini akan sangat berdampak baik pada penderita neuropati, jika digabungkan dengan pengobatan yang kontinyu. Olah raga ringan bagi penderita neuropati akan membantu menguatkan otot-otot tubuh.

Sesungguhnya tidak hanya neuropati saja yang bisa diredakan dengan olah raga ringan seperti di atas. Sebab dengan rutin menggerakkan tubuh, fisik kita akan terlatih untuk tetap beraktivitas dan menguatkan otot tubuh.

Beberapa contoh olah raga ringan yang bisa teman-teman lakukan di rumah adalah jogging, naik turun tangga, duduk berdiri, push up maupun sit up. Ini adalah gerakan-gerakan sederhana yang bisa dilakuan kapanpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *