All for Joomla All for Webmasters
Sumatera Utara

PT Inalum Selesaikan Revitalisasi Istana Sisingamangaraja

baguskali.com

Humbahas, PT Inalum (Persero) lewat program CSR membantu revitalisasi Istana Sisingamangaraja, pahlawan nasional dari tanah Batak. Sekitar Rp1,3 Miliar dana revitalisasi dikucurkan PT Inalum kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas).

Bantuan itu disampaikan Direktur Umum dan Human Capital PT Inalum, Carry EF Mumbunan. Dia menjelaskan bahwa pekerjaan revitalisasi Istana Sisingamangaraja telah dimulai sejak 28 November 2016, atau sudah berjalan dua tahun.

Pada 14 September 2018, istana tersebut telah selesai direnovasi sesuai dengan jadwal. “Kurang lebih dua tahun pekerjaan tersebut. Tergolong lama, namun tentunya tujuannya adalah untuk hasil yang terbaik,” katanya.

Revitalisasi yang dilakukan berupa perbaikan 4 buah sogot, pekerjaan penataan lahan parkir, perbaikan lokasi area istana, pengecatan ulang bangunan, dan pembuatan kamar mandi dengan jumlah dana seluruhnya Rp1,3 Miliar.

“Seluruhnya bersumber dari dana CSR Inalum. Revitalisasi ini dapat terlaksana dengan baik, tentunya berkat kerja sama dan koordinasi yang sangat harmonis antara PT Inalum dengan Pemkab Humbahas.”

“Untuk itu, atas nama manajemen PT Inalum diucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Humbahas,” jelas Carry saat penyerahan dana bantuan itu pada 28 November 2018 lalu.

Inalum berharap agar bantuan revitalisasi Istana Sisingamangaraja ini dapat bermanfaat bagi kelestarian situs sejarah.

Terutama sebagai wujud penghargaan terhadap sosok Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII. Selain itu, revitalisasi ini diharapkan dapat mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Humbahas yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan telah selesai dan selanjutnya PT Inalum menyerahkan sepenuhnya kembali kepada Pemkab Humbahas . Sebelumnya juga PT Inalum sudah pernah memberikan beasiswa kepada anak-anak sekolah,” ucapnya.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Humbahas, Hotmaida Dina Uli Butarbutar mengatakan bahwa kerja sama tersebut dituangkan dalam Naskah Perjanjian Bantuan Hibah Nomor PCD-122/IX/SP/PCD/2016, sebagaimana telah diamandemen dengan Perjanjian Nomor PCD-066/RFA/2017.

Naskah yang diberi nama “Kegiatan Pemugaran yang dilakukan terhadap Situs Istana Raja Sisingamangaraja”.

“Terima kasih kami ucapkan kepada PT Inalum yang telah memberikan perhatian dan dukungan dalam upaya pelestarian warisan budaya yang pada akhirnya meningkatkan kualitas destinasi Wisata Budaya dan Sejarah di Kabupaten Humbang Hasundutan” ujar Hotmaida.

Komentar Anda

Most Popular

To Top