All for Joomla All for Webmasters
Internasional

Malaysia Rilis Laporan Resmi Hilangnya MH370, Pesawat Memutar Balik

baguskali.com

Kuala Lumpur, Pemerintah Malaysia hari ini merilis laporan mengenai hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Disebutkan bahwa kendali pesawat Boeing 777 itu kemungkinan sengaja dimanipulasi untuk membawanya keluar dari rute seharusnya, namun mereka tak bisa memastikan siapa pelakunya.

Tim penyelidik tak bisa menyimpulkan apa yang sebenarnya terjadi di pesawat tersebut. “Jawabannya hanya bisa konklusif jika serpihan ditemukan,” ujar Kok Soo Chon, kepala tim penyelidikan keselamatan MH370 kepada para wartawan di Kuala Lumpur hari ini.

“Apa yang kami temukan adalah bahwa pesawat memang telah memutar balik,” ujar Kok seperti dilansir The Guardian, Senin (30/7/2018).

“Kami bisa menyimpulkan bahwa MH370 telah memutar balik dan putar balik itu bukan karena anomali dalam sistem mekanik. Putar balik itu dilakukan bukan secara autopilot tapi secara manual,” imbuhnya.

Kok juga mengatakan, para penyelidik telah menyelidiki latar belakang pilot dan kopilot MH370, dan hasilnya memuaskan.

“Kami telah memeriksa pilot, kopilot, kami cukup puas dengan latar belakang, pelatihan para pilot itu,” tuturnya seraya menambahkan:

“Kami tak beropini bahwa itu mungkin peristiwa yang dilakukan pilot-pilot,” tuturnya. Namun ditambahkannya, tim penyelidik tak mengesampingkan kemungkinan apapun mengingat putar balik pesawat dilakukan secara manual dan sistem-sistem di pesawat juga dimatikan secara manual.

“Kami tak bisa membantah bahwa memang ada putar balik. Kami tak bisa mengesampingkan setiap kemungkinan,” imbuhnya.

“Kami tak bisa menentukan dengan pasti alasan mengapa pesawat dialihkan dari rute yang direncanakan,” katanya. “Tim tak bisa menentukan alasan sebenarnya dari hilangnya pesawat,” imbuhnya.

“Kami tidak bisa mengesampingkan kemungkinan bahwa ada campur tangan yang melanggar hukum oleh pihak ketiga,” tandasnya.

Penerbangan MH370 hilang saat dalam perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China pada 8 Maret 2014 lalu. Sebanyak 239 orang berada di dalam pesawat yang hilang misterius itu.

Setelah pencarian ekstensif selama bertahun-tahun dan melibatkan banyak negara, hingga kini bangkai pesawat MH370 belum ditemukan. Peristiwa tersebut menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

Sumber: detik.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top