All for Joomla All for Webmasters
Sains

Detik-Detik Fase Gerhana Bulan Menuju Blood Moon

baguskali.com

Gerhana Bulan Total yang terjadi pada Sabtu dini hari, 28 Juli 2018, mengalami puncak Gerhana pada pukul 02:30-04:13 WIB. Dalam fenomena ini, tidak hanya Planet Mars yang menjadi sorotan karena terlihat lebih terang dari sekitarnya, fase puncak Gerhana juga menjadi hal yang menakjubkan.

Akun Instagram @infobmkg milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menampilkan keadaan satelit alami Bumi saat menuju puncak Gerhana Bulan Total.

Fase penumbra atau P1 ialah ketika Bulan bergerak dan gerakan memasuki zona bayangan samar. Bulan menjadi terlihat samar selama beberapa menit. Hal ini terjadi karena cahaya matahari yang tidak sepenuhnya sampai ke Bulan.

Baca juga: Gerhana Bulan Total Terlama, BMKG Ingatkan Masyarakat Kondisi Cuaca

Fase U1 ialah di mana Gerhana sebagian dimulai. Fase ini terjadi pada pukul 01:24 WIB.

Selanjutnya ialah U2 atau fase Gerhana Total. Artinya, semua piringan Bulan masuk ke bayangan inti Bumi (umbra). U2 terjadi pada pukul 02:30 WIB.

Masih dalam fase U2, di mana Gerhana Bulan Total dimulai, namun belum memasuki tahap puncak.

Pada pukul 03:22 WIB, puncak Gerhana Bulan dimulai. Keadaan Bulan yang memerah atau juga dikenal dengan sebutan Blood Moon, akan bertahan selama 103 menit.

Bagi masyarakat yang tidak sengaja melewatkan fenomena alam ini, jangan khawatir. Pada 2025, Gerhana Bulan Total terlama berikutnya juga bisa Anda saksikan. Puncak Gerhana Bulan akan berlangsung selama 1 jam 22 menit.

Sumber: viva.co.id

Komentar Anda

Most Popular

To Top