All for Joomla All for Webmasters
Kabar Timur Tengah

Menlu Turki Ungkap 3 Negara Ini Bertanggungjawab Atas Pelanggaran Suriah

baguskali.com

Ankara, Rusia, Iran, dan Amerika Serikat (AS) bertanggung jawab atas pelanggaran terbaru yang zona de-eskalasi oleh rezim Bashar al-Assad di Suriah selatan. Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Dalam wawancara dengan penyiar Turki NTV, Cavusoglu menyoroti pelanggaran baru-baru ini yang dilakukan rezim Damaskus di zona de-eskalasi Suriah.

“Negara penjamin rezim Suriah adalah Iran dan Rusia, negara penjamin oposisi adalah Turki. Kemudian AS dan Rusia membuat kesepakatan zona-konflik,” terang menteri luar negeri Turki.

“Rezim Assad menyerang daerah-daerah itu, siapa yang melakukan perjanjian? AS dan Rusia. Jika kesepakatan itu rusak, maka Jenewa, Astana, pertemuan Sochi akan menjadi tidak relevan,” imbuhnya seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (30/6/2018).

Jumlah orang yang melarikan diri dari serangan rezim Suriah di Deraa ke daerah perbatasan Yordania dan Israel naik menjadi 150 ribu pada hari Jumat, menurut lembaga pertahanan sipil White Helmets di Suriah.

Selama 10 hari terakhir, Daraa telah mengalami pemboman udara yang intens dan serangan darat, dengan pasukan rezim Suriah – yang didukung oleh kelompok milisi Syiah – menguasai kota Busra al-Harir dan Nahta.

PBB memperingatkan bahwa 750 ribu nyawa berada dalam bahaya di Deraa, dan 45.000 orang mengungsi.

Sumber: sindonews.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top