All for Joomla All for Webmasters
Islami

Memanah, Olahraga yang Menyenangkan Lagi Berpahala

MEMANAH, adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, terlihat dengan jelas bahwa memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.

Pada masa Rasulullah dan khulafaur rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang.

Dalam kisah yang lain, kepiawaian memanah diyakini menjadi kunci kemenangan pasukan yang dipimpin Sultan Muhammad Alfatih saat berjuang merebut Konstatinopel pada abad ke-14.

Dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya,

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ الْحَرَّانِيُّ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحِيمِ ، قَالَ : حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحِيمِ الزُّهْرِيُّ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ ، قَالَ : رَأَيْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ ، وَجَابِرَ بْنَ عُمَيْرٍ الأَنْصَارِيَّيْنِ يَرْمِيَانِ ، فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ اللَّهِ ، فَهُوَ لَهُوٌ وَلَعِبٌ ، إِلا أَرْبَعَ : مُلاعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ ، وَتَأْدِيبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ ، وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرَضَيْنِ ، وَتَعْلِيمُ الرَّجُلِ السَّبَّاحَةَ

Muhammad bin Wahb Al Harrani mengabarkan kepadaku, dari Muhammad bin Salamah, dari Abu Abdirrahim, ia berkata: Abdurrahim Az Zuhri menuturkan kepadaku, dari ‘Atha bin Abi Rabbah, ia berkata: aku melihat Jabir bin Abdillah Al Anshari dan Jabir bin Umairah Al Anshari sedang latihan melempar. Salah seorang dari mereka berkata kepada yang lainnya: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”.

وَعَنْ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم، وَهُوَ عَلَى المِنْبَرِ، يَقُولُ :{وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ} أَلاَ إِنّ القُوّةَ الرّمْيُ، أَلاَ إِنّ القُوّةَ الرّمْيُ، أَلاَ إنّ القُوّةَ الرّمْيُ   أخرجه مسلم

Artinya : Dari Uqbah bin Amir ra ia berkata :  “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkhutbah di atas mimbar. Tentang ayat ‘dan persiapkanlah bagi mereka al quwwah  (kekuatan) yang kalian mampu‘ (QS. Al Anfal: 60) Rasulullah bersabda: ‘ketahuilah bahwa al quwwah itu adalah skill menembak /memanah(sampai 3 kali)’(HR. Muslim 1917)

Manfaat Memanah

  1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  2. Menjadi kegiatan refreshing
  3. Meningkatkan kordinasi antara mata dan tangan serta flekbilitas jari-jari tangan
  4. Menjadi bentuk latihan kebugaran
  5. Melatih ketenangan dan kesabaran
  6. Membangun rasa percaya diri
  7. Meningkatkan pengendalian emosi

Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah sebagai lembaga pendidikan sangat concern terhadap pendidikan islam, terus berupaya aktif mengembalikan pendidikan islam sebagai prioritas utama pendidikan di Indonesia dan Sumatera Utara khususnya, dimana pada “zaman now” ini bermunculan olahraga-olahraga dari mancanegara yang masuk ke dalam negeri sehingga semakin melupakan olahraga islam yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Panahan merupakan salah satu ekskul YPSA yang sangat diminati oleh para siswa-siswi, dimana para siswa-siswi langsung dilatih oleh pelatih khusus yang ditelah disiapkan oleh sekolah, sehingga ekskul panahan ini sangat layak untuk dipilh untuk ekskul pilihan para anak anda.

Kegiatan ekstrakurikuler YPSA seluruhnya dilaksanakan secara khusus di hari Sabtu mulai dari pukul 07.00 s/d 11.30 WIB.

Ayo mari ajarkan sunnah rasulullah yaitu memanah pada anak-anak kita, lantas tunggu apalagi, mari segera menuju Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyah.

Komentar Anda

Most Popular

To Top