All for Joomla All for Webmasters
Sains

Ilmuwan dan Asal Muasal Jeruk

baguskali.com

Selama ini kita mungkin dengan mudahnya menemukan jeruk. Tapi tahukah Anda dari mana sebenarnya jeruk berasal?

Pohon jeruk saat ini salah satu yang paling banyak dibudidayakan di dunia, namun sampai sekarang tidak jelas dari mana asal serta bagaimana penyebarannya ke seluruh dunia.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari mana asal pohon jeruk, ilmuwan pun kemudian memetakan genom lebih dari 50 varietas buah jeruk.

Selain itu ilmuwan juga menggunakan dua spesies yang masih berhubungan namun tidak masuk dalam keluarga jeruk. Ini dilakukan untuk lebih memahami apabila ada perubahan genetika yang terjadi pada garis keturuan jeruk.

Hasilnya, ilmuwan menemukan jika nenek moyang jeruk berasal dari pegunungan Himalaya, mencakup wilayah timur Assam, Myanmar utara, dan Yunnan bagian barat.

Lalu bagaimana akhirnya jeruk menyebar?

Sekali lagi terima kasih kepada alam, tanpanya mungkin jeruk tak akan bisa kita nikmati.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature ini mengungkapkan jika hal ini dipicu adanya perubahan iklim yang terjadi 6-8 juta tahun lalu.

Di masa itu, terjadi pelemahan muson yang berakibat pada cuaca kering. Hal ini menyebabkan perubahan besar yang memicu migrasitanaman dan hewan dari daerah tersebut.

“Ini pasti merupakan perubahan iklim dan habitat yang dramatis,” kata Daniel Rokhsar, ahli genetika dari UC Berkeley.

Dari situlah cerita bermula, pohon jeruk menyebar dengan cepat ke Asia Tenggara hingga ke Australia sekitar 4 juta tahun yang lalu. Dari migrasi massal ini, akhirnya memunculkan banyak varietas buah seperti saat ini. Semisal jeruk pahit yang kulitnya digunakan untuk membuat selai adalah gabungan dua nenek moyang jeruk. Hal ini dimungkinkan terjadi karena jeruk beradaptasi dengan habitat yang berbeda-beda.

“Jika Anda melihat keragaman jeruk di supermarket seperti sekarang, itu adalah hasil dari ribuan tahun diversifikasi alami,” ujarnya.

Tapi lahirnya varietas baru ini juga tak lepas dari campur tangan manusia pula. Ada bukti yang menunjukkan jika petani jeruk di Cina melakukan persilangan berbagai varietas sampai mendapatkan jeruk manis seperti yang makan hari ini.

Peta genetika jeruk rupanya berhasil menceritakan kembali asal muasal jeruk. Namun pemahaman yang lebih besar mengenai asal-usulnya juga membantu memberikan pengetahuan soal perubahan iklim dan penyakit yang bisa digunakan untuk menghasilkan kualitas jeruk yang lebih baik.

Sumber: nationalgeographic.co.id

Komentar Anda

Most Popular

To Top