All for Joomla All for Webmasters
Teknologi

Foxconn Akan Buat Kamera Super Beresolusi 8K

baguskali.com

Foxconn berencana memproduksi kamera papan atas beresolusi 8K. Dalam lini bisnisnya kali ini, Foxconn menggandeng raksasa kamera video bernama RED.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman TheVerge, Rabu (14/2), Foxconn mengumumkan rencana kerja samanya dengan produsen kamera cinema papan atas RED. Hal itu tidak lain untuk memproduksi kamera 8K dengan harga murah. Tujuan kerja sama ini adalah menurunkan harganya agar jadi terjangkau, serta mereduksi ukuran kamera jadi lebih ringkas.

Kamera dengan resolusi 8K sejatinya bukan barang murah. Hal tersebut terjadi lantaran besaran resolusi tak hanya terletak pada sensor yang dimilikinya saja. Bahkan, soal sensor mungkin adalah yang paling sederhana, karena kini smartphone saja sudah bisa merekam dengan resolusi 4K.

kamera dengan resolusi 8K besutan(RED)

Foxconn melirik bisnis kamera video profesional lantaran peluang bisnis film dan tayangan serial televisi dinilainya semakin populer. Ditambah lagi resolusi 8K adalah standar resolusi gambar dalam tayangan televisi digital serta sinematografi.

Kemudian melihat kamera 8K buatan RED saat ini masih dibanderol sangat mahal, yaitu seharga USD 30.000 atau setara dengan Rp 409 juta untuk setiap unitnya. Ini pun belum termasuk aksesoris dan penunjang lainnya.

Tidak sampai di situ, Foxconn juga siap menggandeng Sharp sebagai chip sensor visual untuk dapat menciptakan semikonduktor yang terjangkau untuk kameranya nanti. Foxconn berencana menggandeng banyak perusahaan teknologi untuk bisa menciptakan perangkat kamera digital profesional dengan harga semurah mungkin.

Jika benar, langkah yang diambil Foxconn bisa jadi tepat. Sebab kamera 8K dengan harga terjangkau menjadi impian dari banyak orang dengan profesi terutama pada bidang videografi. Mulai dari para sutradara yang menginginkan gambar tajam, seniman efek visual yang butuh lebih banyak pixel, produser atau kreator konten yang hanya sekadar butuh produksi dengan budget yang ketat. Bahkan untuk sistem keamanan berbasis Artificiall Intelligence yang diprediksi pengamat akan dijumpai tidak lama lagi.

Sumber: jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top