All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

Cara Hebat Memilih Lingkungan Belajar yang Tepat Untuk Anak

baguskali.com

Sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah SWT, memang sudah kodratnya hidup sebagai makhluk sosial. Pengertian makhluk sosial sendiri ialah suatu makhluk yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Nah dalam kehidupan sehari – hari pastinya anda butuh yang namanya teman untuk menyambung silaturahmi antar sesama muslim.

Dalam memilih lingkungan belajar hendaknya memang harus diperhatikan dengan baik. Karena lingkungan pergaulan yang anda pilih akan menentukan perkembangan diri sendiri tentunya. Lingkungan yang baik akan menciptakan pribadi baik dan sebaliknya lingkungan yang buruk akan menciptakan pribadi buruk tentunya.

Pada kali ini akan dibahas mengenai cara memilih lingkungan belajar yang tepat untuk anak  yang akan diulas lebih dalam lagi, simak bersama – sama penjelasan di bawah ini :

1. Lingkungan yang diisi dengan ibadah

Dalam hal memilih lingkungan belajar, faktor paling utama yang wajib anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ialah ibadah. Karena jika lingkungan yang selalu membawa kepada ketaatan tersebut, akan membawa anakmenjadi pribadi yang taat terutama dalam menjaga kualitas ibadah. Berbekal komponen yang satu ini, saya yakin anda akan senantiasi terus berkembang ke arah yang lebih baik.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Ad-Dzariyat : 56).

2. Selalu Mengajak Pada Kegiatan – Kegiatan Positif

Kegiatan atau pun aktivitas yang anda lakukan sehari – hari, akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan diri anda di masa yang akan datang. Untuk itu anda wajib memilih lingkungan yang selalu mengajak kepada suatu kegiatan yang positif.

3. Bersih, Hijau, Asri dan Ramah

Lingkungan seperti ini akan semakin menambah semangat anak untuk belajar dan meningkatkan kreatifitas dan daya pikir, potensi peserta didik didalam menangkap pelajaran akan semakin baik.

Salah satu langkah awal agar kita mendapatkan teman terutaman teman yang baik adalah dengan menempatkan anak kita ke sekolah, karena sekolah merupakan lingkungan awal pembentuk karakter dan pribadi anak.

Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah adalah lembaga pendidikan islam internasional (Islamic International Fullday School) yang menerapkan konsep pendidikan islami yang berpedoman pada Al Qur’an, Hadits, Pancasila, dan UUD RI Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, berwawasan global, mendunia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Shafiyyatul Amaliyyah merupakan sekolah dengan lingkungan terbaik se-Sumatera Utara, hal ini dibuktikan dengan Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi 2016 oleh Badan Lingkungan Hidup Propinsi SUMUT.

Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA) yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Adiwiyata sendiri berasal dari kata “adi” yang berarti besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Dan kata “wiyata” yang berarti tempat seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial.

YPSA adalah salah satu dari sedikit telah terbukti berhasil mendidik siswa-siswinya menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup, jadi lingkungan sekolah seperti inilah yang harus dipilih untuk anak-anak kita.

Komentar Anda

Most Popular

To Top