All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

SMK Ini Siap Ciptakan Profesional Kualitas Ekspor

baguskali.com

Pendidikan Sekolah  Menengah  Kejuruan (SMK)  sebagai pendidikan kejuruan tingkat menengah, memiliki  peran besar  dalam merencanakan dan menciptakan SDM  yang profesional  dan  produktif. Pendidikan  di  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK) bertujuan untuk meningkatkan  pengetahuan  dan  keterampilan  siswa  dalam  rangka  menyiapkan  mereka  sebagai  tenaga  kerja  tingkat  menengah.   Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang mampu mengisi lapangan kerja dan berkualitas profesional diharapkan mampu berperan sebagai alat unggulan bagi industri-industri Indonesia dalam menghadapi persaingan global.

Pendidikan kejuruan  juga  merupakan investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,  yang merupakan syarat utama untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, pemerataan kesempatan, dan untuk perubahan sosial. Pendidikan dan pelatihan adalah merupakan upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia, terutama untuk pengembangan kemampuan intelektual dan kepribadian manusia. Sesuai dengan tujuan dari SMK adalah  sebagai salah satu institusi yang menyiapkan tenaga kerja, dituntut mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia kerja, tamatan SMK diharapkan memiliki kecakapan hidup, memiliki kompetensi kerja yang sesuai dengan pekerjaan.  Kecakapan hidup adalah pendidikan kemampuan, kesanggupan, dan ketrampilan yang diperlukan untuk menjalankan kehidupan dengan nikmat dan bahagia.

Dengan terciptanya SDM/lulusan yang berkualitas yaitu  lulusan yang cerdas, terampil dan siap kerja sehingga siap memasuki pasar kerja. Keterserapan para lulusan yang merupakan output SMK akan meningkatkan produktivitas yang pada gilirannya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui terciptanya nilai tambah terhadap barang dan jasa yang terdapat dalam dijelaskan dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam menyekolahkan anak-anaknya untuk menempuh studi di jenjang SMK. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat, semakin tinggi pula kualitas SDM yang dapat digunakan dalam pengolahan sumber daya yang tersedia dalam perekonomian.

SMK yang serius menyiapkan profesional kualitas internasional adalah SMK Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah, SMK YPSA ini berafiliasi dengan Republic Polytechnic Singapore di mana siswa SMK YPSA yang telah memenuhi ketentuan dapat melanjutkan pendidikannya ke Republic Polytechnic Singapore dengan beasiswa ikatan dinas.

Republic Polytechnic Singapore adalah institusi pendidikan yang standar kualitasnya tak perlu diragukan lagi karena telah meraih akreditasi Nasional dan Internasional seperti ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO 22301, Singapore Quality Class, People Developer, Innovation Class, dan Service Class.

SMK Shafiyyatul Amaliyyah merupakan SMK pertama di Indonesia yang langsung berafiliasi Republic Polytechnic Singapore, untuk itu YPSA berkomitmen menciptakan profesional kualitas ekspor yang siap bersaing dengan profesional secara global.

Komentar Anda

Most Popular

To Top