All for Joomla All for Webmasters
Sains

I’tibar dari Gerhana dan Memaknai Tanda Kebesaran Allah SWT

baguskali.com

Malam tadi, dunia baru saja diperlihatkan salah satu kuasa Allah SWT, gerhana bulan total atau super blue blood moon. Fenomena langka itu pun tidak dilewatkan rakyat Indonesia yang berbondong-bondong menyambut kedatangan gerhana yang terakhir kali terjadi pada 150 tahun silam tersebut. Namun, adakah makna dari gerhana bulan semalam?

Pada era digital sekarang, kita lebih sering menundukkan pandangan karena sibuk berselancar di dunia maya via ponsel pintar. Gerhana semalam setidaknya membuat kita mengadahkan wajah ke langit untuk merenungan ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala yang maha indah. Umat Islam pun menyambut salah satu bukti ciptaan Allah tersebut dengan melaksanakan shalat sunnah Khusuf, bermunajat sembari bertobat.

Sejumlah masjid semalam menggelar shalat khusuf atau shalat sunnah gerhana. Di Depok contohnya, ada 32 masjid yang menggelar shalat gerhana. Salah satunya di Masjid Balai Kota Depok. Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengikuti shalat Isya dan shalat sunnah Gerhana. Shalat sunah GBT tersebut juga diikuti Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna tausiyah disampaikan KH Syamsul Hadi. “Shalat sunah gerhana berjamaah ini dilaksanakan untuk kita mengagumi kebesaran Allah subhanahu wa ta’ala,” kata Pradi saat memberikan sambutan usai Shalat GBT berjamaah.

Diutarakan Pradi, sangatlah disayangkan peristiwa luar biasa yang 153 tahun sekali terjadi itu untuk dilewatkan dan shalat sunah GBT berjamaah merupakan wujud syukur manusia sebagai hamba Allah subhanahu wa ta’ala. “Kita patut bersyukur atas kebesaran Allah subhanahu wa ta’ala. Kita dalam Islam disunahkan shalat gerhana, dan sebagai kota yang religius kita gelar salat sunah ini,” kata dia. “Peristiwa alam yang menjadi tanda keagungan penciptanya ini harus disambut umat manusia sebagai hamba-Nya yang sangat lemah dengan shalat dan berdoa untuk kehidupan yang lebih baik.”

Sumber: republika.co.id

Komentar Anda

Most Popular

To Top