All for Joomla All for Webmasters
Islami

Ini Contoh Memberi Manfaat Bagi Sesama Dengan Cara Yang Gak Biasa

baguskali.com

Tentu kita tidak asing dengan ayat Al-Qur’an tentang ajakan untuk saling menolong dalam kebaikan. Yaitu firman Allah swt,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (QS.al-Ma’idah:2)

Namun ada hal menarik yang jarang tersentuh saat kita membahas ayat ini. Apakah itu?

Jika kita perhatikan, ayat ini tidak hanya mengajak kita untuk saling membantu dalam kebaikan, tapi juga melarang kita untuk saling membantu dalam pelanggaran dan dosa. “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa.”

Bergandengannya kata “kebaikan” dan “takwa” ini memberi pelajaran bahwa saling tolong menolong dalam kebaikan saja tidak cukup. Harus disertai pula dengan saling membantu untuk menahan diri dari dosa dan pelanggaran.

Hal ini diperkuat dengan potongan ayat selanjutnya, “dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.”

Karena itu upaya untuk saling mengajak kepada kebaikan harus selalu disertai dengan saling membantu untuk mencegah keburukan.

Dalam kehidupan sehari-hari, perilaku tolong menolong kepada sesama banyak di contohkan seperti memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, melaksanakan bakti sosial, mengumpulkan sumbangan dan banyak hal lainnya.

Shafiyyatul For Others, adalah program kegiatan rutin yang diadakan Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah menjelang pelaksanaan upacara Milad tanggal 20 Desember Tujuan dari kegiatan ini adalah berbagi dan memberi manfaat bagi masyarakat luas. Para siswa-siswi YPSA memberikan sumbangsih berupa sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, susu, gula, telur, teh, dan bantuan berupa uang tunai kepada panti-panti asuhan yang telah ditentukan.

YPSA juga melakukan kerja sama dengan PMI Kota Medan bersama-sama mendonorkan darah untuk menyelamatkan sesama. Para Staf/karyawan dan guru-guru YPSA dengan antusias terlibat langsung dengan mendonorkan darahnya. Banyak lagi kegiatan bakti sosial yang dilakukan YPSA seperti sunatan massal, pemeriksaan kesehatan gratis dan  seminar pendidikan.

YPSA sebagai lembaga pendidikan islam turut berperan aktif dalam memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan nasional dan di Sumatera Utara.

Komentar Anda

Most Popular

To Top