All for Joomla All for Webmasters
Teknologi

China Segera Bangun Taman Teknologi Seperti Silicon Valley

baguskali.com

China berencana membangun taman teknologi seperti Silicon Valley di San Francisco, Amerika Serikat. Pusat pengembangan teknologi yang akan dibangun ini diperkirakan menelan dana investasi US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 28 triliun pada kurs Rp 13.500/US$.

Dikutip dari CNBC, Kamis (4/1/2018), pembangunan taman seluas 54,87 hektar tersebut ditujukan untuk pengembangan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dan teknologi lainnya.

Pembangunan taman teknologi akan memakan waktu hingga lima tahun dan berlokasi di pinggir distrik Mentougou, sebelah barat kota Beijing, demikian dilaporkan media lokal, Xinhua.

Taman teknologi tersebut akan menjadi tempat bagi 400 bisnis dan diharapkan menghasilkan pendapatan tahunan sekitar 50 miliar yuan atau sekitar Rp 10,3 triliun.

Sementara untuk fokus pengembangannya sendiri akan ditujukan untuk big data berkecepatan tinggi, cloud computing, biometrik, berikut deep learning, serta teknologi kecerdasan buatan (AI). Selain itu taman tersebut juga ditujukan untuk mobile internet berkecepatan 5G, super computer dan layanan cloud.

Kabar ini berkaitan dengan pengumuman pemerintah setempat pada Juli 2017 sejak direncanakan pada 2013. China menargetkan industri bernilai 1 triliun yuan. China berambisi untuk menjadi pemain besar dalam teknologi AI pada 2025.

Beijing berharap dapat mengakselerasi komersialisasi AI di China pada bidang seperti kota pintar (Smart City) dan melirik kemampuan kemiliteran, sesuatu yang akan membuat kecemasan di dunia internasional.

Taman teknologi tersebut akan dikembangkan oleh Zhongguancun Development Group. Selain itu mereka juga akan melakukan kerja sama dengan universitas lokal dan mancanegara, institusi penelitian dan enterprise untuk membangun sejumlah pusat penelitian, termasuk laboratorium AI setingkat nasional.

Sumber: detik.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top