All for Joomla All for Webmasters
Internasional

Mantan Superstar Sepakbola Ini Jadi Presiden

baguskali.com

Mantan pesepakbola AC Milan Goerge Weah terpilih sebagai presiden Liberia. Pria berusia 51 tahun itu mengantongi 60 persen jumlah suara mengalahkan lawan politiknya, Joseph Boakai.

Seperti diwartakan BBC, Jumat (29/12) kemenangann George Weah langsung dirayakan pendukungnya di seluruh negeri. Weah akan menggantikan presiden wanita pertama Liberia, Ellen Johnson Sirleaf.

“Saya sangat merasakan emosi dari seluruh negeri dan saya mengerti pentingn dan tanggung jawab besar yang saya peluk hari ini. Perubahan sedang aktif,” kata Geroge Weah dalam akun Twitter-nya.

George Weah merupakan salah satu mantan pesepakbola Afrika yang sukses di Eropa. Weah sempat merumput bersama sejumlah klub top benua biru semisal AC Milan, Paris St-Germain (PSG) Chelsea hingga Manchester City.

Weah menjadi satu-satunya pesepakbola Afrika yang pernah memenangi gelar Fifa World Player of the Year dan Ballon D’Or. Pria berkulit gelap itu masuk ke dunia politik setelah gantung sepatu pada 2002 lalu dan kini menjabat sebagai senator dalam parlemen Liberia.

Pencalonan diri Weah sebagai presiden bukan kali pertama. Pada 2005 lalu Weah sempat mencalonkan diri namun kalah oleh presiden saat ini Ellen Johnson Sirleaf.

Dalam pemilu kali ini Weah merupakan calon yang diusung partai koalisi Democratic Change yang mayoritas mewakili suara kaum muda. Itu berbanding terbalik dengan suara yang dimiliki lawan politknya dalam pemilu saat ini.

Sumber: republika.co.id

Komentar Anda

Most Popular

To Top