All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Kepala BKPM Klaim Indonesia Destinasi Investasi Terbaik Ke-4 Dunia

baguskali.com

Jakarta, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengklaim Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan distinasi investasi terbaik di dunia. Nilai investasi selama tiga tahun terakhir naik 48%.

Menurutnya, total investasi baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA) pada awal pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) pada 2014, mencapai Rp463 triliun. Namun, dalam tiga tahun terakhir terus bergerak naik hingga pada tahun ini mencapai Rp678 triliun atau meningkat 48%.

“Setiap tahun dana investor mengalir baik internasional maupun domestik ke Indonesia. Kami optimistis setiap tahun akan terus tumbuh seriring gencarnya pebangunan infrastruktur nasional,” katanya saat paparan tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Dia menerangkan, posisi Indonesia awalnya hanya berada pada peringkat delapan di dunia. Namun, kini naik ke osisi ke empat sebagai destinasi invetasi terbaik di dunia.

“Tentunya satu hal yang sangat membanggakan. Apalagi saat ini mulai ada pemerataan inveatasinya,” imbuh mantan Menteri Perdagangan ini.

Lembong menuturkan, pembangunan infrastruktur di Sumatera dan Sulawesi maupun Kalimantan hingga Irian Jaya menjadi daya tarik para investor. Hal ini dinilai sebagai tren pertumbuhan investasi yang luar biasa.

“Pembangunan infrastruktur di Sumatera dan pulau lain jelas jadi magnet. Contoh Sumatera Barat, potensi wisata semenanjung Sumatera juga mulai digarap,” ujarnya.

Selain itu, pertumbuhan investasi dalam tiga tahun terakhir juga menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Data BKPM menunjukkan ada sekitar 3,3 juta lapangan kerja tercipta dalam 75 ribu proyek nasional.

Sumber: sindonews.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top