All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Jumlah Kartu Kredit yang Beredar Di Indonesia Mengalami Penurunan?

baguskali.com

Jakarta, Jumlah kartu kredit beredar mengalami penurunan. Awal 2017 jumlah kartu kredit tercatat 17,49 juta keping, namun Agustus kartu kredit tercatat 16,89 juta keping.

Deputi Gubernur BI, Sugeng menjelaskan terkait jumlah kartu kredit yang mengalami penurunan dari awal tahun hingga Agustus, terjadi karena saat ini jumlah pengguna sedang menjalani tahap konsolidasi.

“Hal ini disebabkan beberapa hal lain ketentuan BI yang membatasi kepemilikan jumlah kartu kredit untuk penghasilan tertentu,” kata Sugeng kepada detikFinance, Selasa (10/10/2017).

Dia menjelaskan, BI memandang perkembangan penurunan jumlah kartu kredit masih dalam koridor kewajaran.

“Ini artinya pemegang kartu kredit benar-benar masyarakat yang layak dan mampu menggunakan limit kredit dengan baik dan bijak,” imbuh dia.

Kemudian peraturan tentang kewajiban pelaporan transaksi kartu kredit pada 2016 juga jadi trigger penutupan kartu atas permintaan nasabah.

Sugeng menjelaskan, dalam penggunaan kartu kredit, BI juga terus mendorong perlindungan konsumen bagi pengguna kartu kredit melalui kewajiban penggunaan PIN 6 digit untuk transaksi, pelarangan dobel swipe dan surcharge, penurunan suku bunga kartu kredit dari 2,95% menjadi 2,25% per bulan.

Mengutip alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) BI, per Januari jumlah kartu kredit tercatat 17,49 juta, kemudian Februari 17,52 juta, Maret 17,59 juta, April 17,66 juta.

Memasuki Mei jumlah kartu turun jadi 17,22 juta. Pada Juni jumlah kartu 16,77 juta. Lalu Juli 16,85 juta dan masuk ke Agustus jumlah kartu 16,88 juta keping.

Sumber: detik.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top