All for Joomla All for Webmasters
Teknologi

AppsMu, Aplikasi Smartphone Penyaring Berita Hoax

baguskali.com

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah meluncurkan aplikasi mobile berbasis SmartPhone sebagai penekan informasi hoax; AppsMu, Jumat (22/9). Peluncuran aplikasi tersebut disebut sebagai upaya menjawab perkembangan arus teknologi dan informasi yang kian berkembang.

“Ini adalah salah satu jawaban pimpinan pusat Pemuda Muhammadiyah terhadap perkembangan teknologi perkembangan arus informasi dan perkembangan model kegiatan ekonomi dan pengelolaan manajemen organisasi,” kata Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak saat memberikan sambutan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta.

Menurut Dahnil, kemudahan berkomunikasi saat ini harus ditopang dengan kecerdasan dan ketelitian dalam membaca pesan maupun informasi. Sebab, tidak semua pihak mempunyai tujuan yang baik dalam menyebarkan informasi.

Karena itu, PP Pemuda Muhammadiyah dan PT Inovasi Mitra Terpadu (IMT) bekerjasama membangun aplikasi tersebut. Menurut Dahnil, nantinya akan ada petugas yang khusus ditugaskan untuk megatur teknis filterisasi informasi hoax.

“Misalnya ada beberapa media yang juga gunakan rubrik hoax atau bukan. Kami juga bisa nanti hubungkan itu dengan media-media yg menyediakan rubrik misalnya hoax atau bukan. Kami akan kembangkan di seluruh Indonesia,” ujar Dahnil.

Selain sebagai filter hoax, kata Dahnil, AppsMu juga hadir sebagai jawaban terhadap kapitalisme yang sulit dikalahkan sebagai kekuatan ekonomi yang mapan.

“Muhammadiyah harus berani lakukan transaksi antar jamaah sendiri. Sambil meningkatkan kompetisi kalau sudah bagus kita buka untuk umum,” pungkasnya.

Sumber: jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top