All for Joomla All for Webmasters
Internasional

Full Day School Batal, 7 Negara ini Terapkan Aturan Full Day School

baguskali.com

Presiden Joko Widodo membatalkan Permen No. 23 Tahun 2017 yang dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai kebijakan sekolah lima hari atau full day school. Jokowi nantinya akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) yang berisi aspirasi masyarakat mengenai kebijakan lima hari sekolah tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin dalam jumpa pers bersama Mendikbud Muhadjir Effendy, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan hari ini.

“Saya kira karena prosesnya akan cepat, maka (Permendikbud) tidak akan diberlakukan dulu, tapi menunggu keluarnya Perpres,” ujar Ma’ruf Kamis (19/6).

Menurut Ma’ruf, Jokowi akan menata ulang aturan itu dan akan meningkatkan regulasinya. Perpres akan segera diterbitkan sebagai pengganti Permen tersebut. Jokowi, kata dia, melakukan langkah tersebut seiring dengan banyaknya aspirasi yang berkembang di masyarakat soal kebijakan Full Day School tersebut.

“Presiden sangat merespons aspirasi yang berkembang di masyarakat dan sangat memahami apa yang kemudian menjadi keinginan masyarakat dan ormas-ormas Islam. Oleh karena itu Presiden akan melakukan penataan ulang aturan itu,” ujar Ma’ruf.

7 negara maju yang terapkan sistem Full Day School

Sistem full day school yang dicanangkan mendikbud menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat. Banyak orangtua berpendapat anak akan stres jika dipaksa sekolah seharian penuh. Namun ada juga yang setuju dan menganggap full day school sudah biasa dan banyak diterapkan di negara maju. Nah, di luar negeri, anak-anak ternyata biasa sekolah hingga sore hari. Di negara manakah saja ya? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir dari kaskus

1. Singapura

foto: allsingaporestuff

Di Singapura anak SD bersekolah mulai pukul 07.30 hingga 13.00. Sementara untuk anak SMP dan SMA mereka masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00. Bahkan mereka bisa pulang hingga pukul 18.00 jika ada kegiatan ekstrakulikuler.

2. Korea Selatan

foto: kdramastars.com

Korea Selatan sejak dulu dikenal sebagai negara yang cukup keras dalam hal pendidikan. Untuk anak SD diwajibkan bersekolah dari pukul 08.00 hingga 13.00, sedangkan SMP mulai dari 08.00 – 16.30. Anak SMA lebih lama lagi karena harus mempersiapkan ujian masuk universitas. Siswa SMA di sana baru bisa pulang pukul 21.00.

3. China

foto: travelblog.com

Di negeri tirai bambu ini malah justru lebih keras. Anak SD saja sekolah dari pukul 06.30 hingga 15.00. Sementara anak SMP sama masuknya namun pulang pukul 17.00. Sedangkan untuk anak SMA jauh lebih panjang karena ada kelas tambahan dan baru bisa pulang sekitar pukul 22.00.

4. Jepang

foto: shiroyashtama.blogspot.com

Terkenal sebagai negara yang disiplin dalam waktu dan bekerja, Jepang juga menerapkan sistem sekolah hingga sore hari, kecuali untuk SD yang pulang pukul 13.00. Sedangkan untuk anak SMP pulang pukul 15.30 dan SMA pukul 19.00. Makanya jangan heran jika kamu main ke Jepang malam hari akan banyak menemui siswa-siswa SMA masih memakai seragam.

5. Inggris

foto: educationuk.org

Sistem pendidikan di Inggris sedikit berbeda dengan di Indonesia. Untuk anak first school (umur 4-9 tahun) mereka bersekolah dari pukul 09.00 hingga 15.00. Sedangkan untuk Middle School (umur 9-13) mulai belajar pukul 08.40 hingga 15.30. Sementara itu, Upper School (umur 13-16) belajar hingga 15.15.

6. Amerika Serikat

foto: nyhistory.org

Pendidikan di Amerika dimulai dari SD yang masuk pukul 08.40 hingga 15.15. Untuk anak SMP mereka memulainya pukul 07.50 hingga 14.50. Terakhir anak SMA masuk pukul 08.15 dan pulang 15.15.

7. Taiwan

foto: livingtaiwan.wordpress.com

Taiwan sama seperti China, Jepang dan Korea. Anak SD di sana masuk pukul 08.00 dan baru pulang 15.30. Sedangkan anak SMP pulangnya 17.00. Bahkan untuk anak SMA harus mengikuti kelas tambahan hingga pukul 19.50.

Sumber : kumparan.com, brilio.net

Komentar Anda

Most Popular

To Top