All for Joomla All for Webmasters
Eduinfo

Pilih Sesuai Kebutuhan, Tabungan atau Investasi?

baguskali.com

Menyisihkan sebagian uang dari gaji atau penghasilan itu sangat dianjurkan dimana uang tersebut dapat di simpan dalam bentuk tabungan atau investasi. Sekilas, menabung dan berinvestasi itu kegiatan yang sama namun ternyata keduanya memiliki pengertian dan tujuan yang berbeda.

Dikutip dari infoperbankan.com, dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai perbedaan antara investasi dan tabungan, tentu anda bertanya-tanya kalau beda mana yang lebih menguntungkan. Kami yakin, bahwa anda dapat menyimpulkan sendiri setelah mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Menabung adalah sebuah kegiatan menyisihkan uang dari pendapatan atau sisa belanja, uangyang disimpan dapat digunakan sewaktu-waktu diperlukan. Menabung lebih cenderung menyimpan uang untuk tujuan jangka pendek.
Investasi dan tabungan

Investasi dan tabungan

Berbeda dengan Investasi, investasi adalah berapa banyak uang yang kita miliki (bisa dari hasil tabungan) kemudian di investasikan untuk tujuan jangka panjang. Kegiatan investasi bermaksud untuk memberikan keuntungan dari uang yang telah di investasikan, sehingga dapat bertambah.

1. Kemudahan Mengakses Uang yang disimpan

Uang yang disimpan dalam bentuk tabungan dapat dengan mudah di ambil kapan saja ketika dibutuhkan, jika anda menabung di bank maka anda bisa mengambilnya menggunakan kartu ATM. Sedangkan uang yang di investasikan hanya dapat di ambil dalam jangka waktu yang telah di tentukan seperti investasi reksadana, investasi emas, investasi properti dll.

2. Keuntungan bagi hasil

Tabungan menawarkan keuntungan bagi hasil yang lebih kecil bila di bandingkan dengan Investasi, karena memang investasi berfokus pada tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Di bank syariah bagi hasil disebut dengan nisbah sedangkan di bank konvensional bagi hasil menggunakan sistem bunga.

3. Wujud atau Bentuk Simpanan

Tabungan pada umumnya berupa uang, uang disimpan baik itu di bank maupun di rumah. Sedangkan dalam investasi, berupa sebuah produk adakalanya seseorang itu berinvestasi emas, properti, reksadana, saham dll.

4. Fungsi Kegiatan

Anda perlu menyimpan uang untuk keperluan mendesak maka dari itu kami menyarankan anda untuk membuka rekening tabungan di bank, uang yang anda simpan dapat diambil ketika dibutuhkan. Sedangkan, bagi anda yang memiliki impian untuk hari tua (jangka panjang) maka berinvestasilah karena uang yang di investasikan akan memberikan keuntungan bagi anda.

Sumber : arah.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top