All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Refleksi Hari Anak Nasional, Orangtua Sibuk Kerja Anak Jadi Kurang Diperhatikan

baguskali.com

Pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli lalu, Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) Gresik kembali mengingatkan pentingnya perhatian orang tua.

Meskipun kasus yang melibatkan anak cenderung turun tetapi kemungkinan terjadi masih sangat tinggi. Sehingga, kepedulian orang tua dan keluarga serta pembekalan karakter sejak dini sangatlah diperlukan. “Kami terus dampingi dan minimalisir dengan berbagai bimbingan,” jelas Kepala Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPP&PA) Gresik Adi Yumanto.

Menurutnya, kasus anak berhadapan hukum yang paling banyak ditemui adalah kasus pencurian. Seperti mencuri handphone teman sekelas dan beberapa kasus lainnya. “Ada kasus balap liar juga, kapan hari saya menemui kasus balap liar yang bisa ditertibkan dan diberi pembimbingan,” lanjutnya.

Menurutnya, masyarakat saat ini memiliki kesibukan masing-masing. Sehingga, atmosfer pasangan pekerja ini harus dikuatkan dengan hubungan keluarga yang baik. “Karena dengan perhatian orangtua terkait kesehariannya, bisa membuat anak mengatasi problematik lingkungannya, sehingga anak bisa  tumbuh menjadi berkualitas, termasuk peran sekolah atau lembaga pendidikan dalam pendampingan,” urainya.

Seperti yang dilakukan, SD Muhammadiyah 2 Gresik. Mereka memberikan pembekalan dan sosialisasi terkait integritas anti korupsi terhadap anak kelas 1 hingga 6. “Pembekalan ini juga bermanfaat untuk anak-anak, karena bisa membekali mereka menjadi pribadi yang berkarakter,” jelas Abizar Purnama salah satu guru.

Menurutnya, hal ini sangat membantu anak untuk terhindar dari hal-hal yang berkaitan dengan hukum. “Jadi tumbuh dengan budi pekerti yang baik, serta bertanggung jawab atas yang mereka kerjakan,” imbuhnya.

Sumber : jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top