All for Joomla All for Webmasters
Islami

Tukar Uang Pecahan Hukumnya Riba!

baguskali- Menjelang Lebaran tiba banyak dijumpai jual beli pecahan uang. Di sejumlah jalan banyak ditemui mereka yang menjajakan pecahan uang untuk ditukar.

Bagaimanakah hukum memperjualbelikan uang semacam itu?

Memperjualbelikan uang pecahan menjelang Lebaran adalah riba. Karena pada praktiknya jual beli dengan menukar uang pecahan misal pecahan Rp2000 sebanyak Rp50 lembar dengan harga Rp120 ribu maka ada selisih 20 ribu di dalamnya.

Praktik semacam ini dilarang dalam Islam. Setiap piutang yang mendatangkan kemanfaatan atau keuntungan, maka itu adalah riba.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Jika emas ingin ditukar dengan emas, maka harus sama timbangannya.” (HR. Muslim)

Demkian juga berbagai fatwa ulama bahwa uang termasuk benda ribawi dan tidak boleh menukarnya dengan nilai lebih. Sebagaimana fatwa Hai’ah Kibar Ulama

“Tidak boleh menukar satu jenis (mata uang) dengan nilai lebih, baik itu dengan cara tertunda (tidak tunai) atau kontan (tunai). Misalnya menukar sepuluh riyal saudi dengan satu lembar 11 riyal saudi.”

Selain karena keribaannya, jual beli yang mengandung riba akan berdampak buruk dan merusak perekonomian. Yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Sehingga akan menjadi tumpang tindih dan ketidakmerataan. (arah.com)

Komentar Anda

Most Popular

To Top