All for Joomla All for Webmasters
Sumatera Utara

DPRD Sumut Dijerat KPK

baguskali.com

 Tiga orang anggota DPRD Sumatera Utara yakni Guntur Manurung (Demokrat), Zulkifli Effendi Siregar (Hanura) dan Bustami HS (PPP) yang terlibat dalam tindak pidana korupsi resmi diganti sebagai anggota DPRD Sumut. Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) ketiganya digelar dalam Paripurna DPRD Sumut hari ini, Rabu (14/6/2017).

Pada data yang dibacakan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman disebutkan, Zulkifli Effendi Siregar digantikan oleh Fahrizal Efendi Nasution (Hanura), kemudian Guntur Manurung digantikan oleh HM Dahril Siregar (Demokrat) dan Bustami HS digantikan oleh Darwin SAg (PPP).

“Ketiganya dinyatakan secara sah dan meyakinkan bersalah melanggan uu tindak pidana korupsi berdasarkan putusan pengadilan,” kata Wagirin di Medan.

Diketahui, Guntur Manurung, Zulkifli Effendi Siregar dan Bustami ditahan oleh KPK dalam kasus dugaan suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho untuk ‘uang ketok’ lima pengesahan dan satu pembatalan oleh DPRD.

Lima pengesahan antara lain LPJP APBD Provinsi Sumut tahun anggaran 2012. Pengesahan terhadap APBD-P Provinsi Sumut 2013. Pengesahan terhadap APBD Provinsi Sumut 2014. Pengesahan terhadap LPJP APBD Provinsi Sumut 2014. Lalu, pengesahan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur 2014. Sedangkan satu pembatalan adalah pembatalan pengajuan hak interpelasi 2015.

Dalam kasus tersebut Bustami dijatuhi pidana 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta. Serta dijatuhi pidana tambahan berupa uang pengganti Rp50 juta.

Zulkifli Effendi Siregar dijatuhi pidana 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta, dan dijatuhi pidana tambahan berupa uang pengganti Rp 215 juta. Sementara, Guntur Manurung dijatuhi pidana 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta, serta dijatuhi pidana tambahan berupa uang pengganti Rp350 juta. (Anugrah Andriansyah).

Sumber : arah.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top