All for Joomla All for Webmasters
Sains

Misteri Black Hole, NASA Luncurkan Balon Udara Raksasa

baguskali.com

Proyek balon udara dengan tekanan tinggi berukuran lapangan bola milik NASA yang diluncurkan di Selandia Baru mulai mengumpulkan data pada hari ini, Rabu (26/4/2017).

Seperti yang dilansir Reuters, proyek tersebut merupakan awal perjalanan 100 hari yang direncanakan, setelah beberapa usaha peluncuran digagalkan oleh badai serta angin topan.

Balon yang dirancang oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) ini adalah untuk mendeteksi partikel kosmik berenergi tinggi yang berasal dari luar galaksi bumi karena menembus atmosfer bumi. Dan, diperkirakan akan mengelilingi bumi dua atau tiga kali.

Asal usul partikel-partikel ini adalah misteri besar yang ingin kita selesaikan, apakah mereka berasal dari lubang hitam besar di pusat galaksi? Bintang kecil yang berputar cepat? Atau di tempat lain?” kata seorang profesor dari Universitas Chicago sekaligus peneliti utama dalam proyek tersebut, Angela Olinto.

Pemantauan balon hanyalah awal dari sebuah pencarian panjang yang selanjutnya akan melibatkan misi luar angkasa yang saat ini dirancang oleh NASA,” tambahnya.

Balon tersebut, yang diluncurkan pada hari Selasa di Wanaka, yang juga merupakan tempat indah di Pulau Selatan Selandia Baru, akan mengumpulkan data dari 34 km (21,1 mil) di atas bumi.

Selandia Baru juga menjadi basis program balon ilmiah NASA pada tahun 2015 dan 2016.

Sumber : arah.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top