All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Peluang Panglima TNI di Pilpres 2019, Ada Partai Yang Ingin Meminang?

baguskali.com

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo disebut-sebut menjadi sosok alternatif selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto untuk maju di Pilpres 2019. Menurut Pengamat Politik Universitas Padjajaran, Idil Akbar, Gatot memiliki peluang.

Hal itu bisa saja terjadi selama ada dukungan politik yang konkrit untuk beliau,” ujarnya kepada JawaPos.com, Selasa (25/4).

Namun yang menjadi pertanyaan menurut dia yakni, ada tidaknya partai politik yang bakal mengusung Gatot. “Dan sejauh mana parpol tersebut akan penuh memberikan dukungan pada beliau untuk maju sebagai capres?” sebut Idil.

Soal isu makar yang melibatkan nama Gatot seperti dalam tulisan wartawan asal Amerika, Allan Nairn, itu diyakini tidak akan mempengaruhi dalam Pilpres jika seandainya dia dicalonkan. Apalagi perlu pembuktian empiris terkait isu bahwa TNI akan melakukan kudeta dan melindungi beberapa aksi yang dianggap aksi makar.

Idil berpendapat, Gatot sudah menunjukkan ketegasannya untuk melindungi rakyat, negara, dan bangsa, serta patuh pada presiden sebagai panglima tertinggi. “Beliau juga seorang nasionalis dan fokus pada tugasnya sebagai panglima TNI,” sebutnya.

Adapun pernyataan Gatot yang cukup keras soal imperialisme dan neokolonialisme sebetulnya harus dianggap sebagai perhatian, sekaligus peringatan untuk bangsa supaya lebih berhati-hati dan waspada, serta tetap mengedepankan persatuan bangsa. “Saya kira hal-hal seperti bukanlah bagian dari skenario kudeta yang dituduhkan pada TNI,” pungkas Idil.

Sumber : jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top