All for Joomla All for Webmasters
Nasional

JPU Tak Ajukan Replik Atas Pledoi Ahok

baguskali.com

Jakarta, Jaksa penuntut umum (JPU) kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memutuskan tak mengajukan replik atau jawaban atas pembelaan (pleidoi) tim kuasa hukum.

Ketua Tim JPU Ali Mukartono mengatakan, alasan pihaknya tidak mengajukan replik atas pledoi Ahok karena enggan membuang waktu, sebab pembelaan dibacakan terdakwa hanya pengulangan saja.

Apa yang disampaikan penasihat hukum tidak ada hal yang baru. Selalu pengulangan bahkan pengulangan sampai kepada materi eksepsi itu disampaikan waktu persidangan masih di (PN Jakarta Utara Jalan) Gajah Mada,” ujar Ali usai sidang di Kompleks Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (25/4).

Menurut dia, tidak adanya replik untuk menghemat waktu jalannya proses persidangan. Mengingat, sidang sudah beberapa kali mengalami penundaan.

Baca juga : Baca, Ini Isi Pledoi Ahok Di Sidang Penistaan Agama

Saya tak mau terjebak pada pengulangan saya lagi sehingga ini tak efisien (waktu sidang),” terang Ali.

Dia menegaskan bahwa JPU tetap berpegang pada tuntutannya saat sidang 20 April 2017 yakni Ahok terbukti melanggar Pasal 156 KUHP.

Selain itu JPU meminta majelis hakim untuk menghukum terdakwa hanya setahun penjara dengan masa percobaan selama dua tahun.

Kami berkesimpulan tetapi pada tuntutan pada persidangan yang lalu,” tutup Ali.

Karena JPU tidak mengajukan replik, maka majelis hakim akan melanjutkan persidangan dengan agenda putusan kasus Ahok ini pada 9 Mei 2017 mendatang.

Sumber : aktual.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top