All for Joomla All for Webmasters
Islami

Tampilan Baru Masjid Baiturrahman Aceh, Mirip Masjid Nabawi

baguskali.com

Aceh, Bicara tentang tanah Serambi Mekah, biasanya satu hal yang akan langsung terlintas di kepala adalah Masjid Raya Baiturrahman. Ya, karena masjid ini memang sudah sejak lama menjadi ikon kebanggaan yang begitu melekat dengan Aceh.

Sampai-sampai, traveler yang datang ke Aceh, umumnya merasa tak afdol jika belum menyambangi Masjid Baiturrahman. Ada banyak cerita menarik di balik keberadaan masjid megah ini.

Saat masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1873, masjid yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam ini sempat dibakar. Sampai akhirnya dibangun kembali oleh serdadu penjajah pada tahun 1877. Ada juga kisah menarik mengenai keberadaan masjid ini yang tetap kokoh berdiri meski diterjang tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

Namun, di samping cerita-cerita tersebut, yang tak kalah menarik adalah perubahan wujud Masjid Baiturrahman kini. Ya, sudah tahu belum kalau Masjid Baiturrahman kini punya wajah baru?

deras.co.id

Hamparan rumput hijau yang dahulu menutup sekeliling halaman di luar masjid, kini digantikan oleh lantai marmer dan ditambah 12 payung elektrik raksasa.

Terdapat pula sebuah kolam yang dibangun di halaman depan, hingga membuat masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini kian istimewa. Tampilan Masjid Baiturrahman yang sekarang bahkan disebut-sebut mirip Masjid Nabawi di Madinah.

Perubahan Masjid Baiturrahman tak berhenti di situ, karena di basement masjid juga dilengkapi dengan tempat wudhu, serta toilet pria dan wanita yang semua bahannya terbuat dari batu marmer Italia dan Spanyol.

Sementara untuk bagian atas, pada pinggiran halaman akan ditanam 33 pohon kurma dan satu pohon geulumpang. Sedangkan di tengah halaman akan dijadikan kawasan hijau yang dipenuhi rerumputan serta berbagai jenis bunga warna-warni.

Sumber : dream.co.id

Komentar Anda

Most Popular

To Top