All for Joomla All for Webmasters
Teknologi

Jaringan 5G Di Indonesia? Ini Jawaban dari Menkominfo

baguskali.com

Jakarta, Indonesia sedang dalam tahap pemerataan jaringan 4G di seluruh daerah. Tapi, beberapa penyedia teknologi telah menyiapkan jaringan 5G di Tanah Air. Lalu, pertanyaannya kapan Indonesia bisa mencicipi jaringan 5G?

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengungkapkan Indonesia bisa merasakan kecanggihan teknologi 5G. Tapi, itu semua tergantung dari para vendor penyedia 5G.

Kapan waktunya belum tahu. Tapi itu tergantung operator. Kapan operator membangun teknologi 5G, nanti kita siapkan regulasinya,” kata Rudiantara, ditemui di acara Anniversary Kehadiran Ericsson di Indonesia selama 110 Tahun, di Four Seasons Hotel, Jakarta, Senin (3/4).

Kalau operator mau pakai 5G, harus menghitung feasibility studinya dulu. Apakah mau beli, atau Ericsson berinvestasi. Itu terserah Ericsson dengan operator bagaimana bisnis modelnya,” lanjutnya.

deras.co.id

Di acara ini, Ericsson juga melakukan demo jaringan teknologi 5G. Dari demo itu, kecepatan akses datanya tembus hingga 5,3 Gbps. Presiden Direktur Ericsson Indonesia, Thumas Jul, mengatakan bagi operator telekomunikasi, jaringan 5G berpotensi untuk mendorong pertumbuhan pemasukan sebanyak 34 persen di tahun 2026 nanti.

Sementara untuk konsumen, jaringan 5G bisa menciptakan pengalaman baru dalam menikmati aplikasi seperti ‘augmented reality‘ dan video streaming 4K,” kata Thomas Jul.

Kita sudah ada beberapa produk teknologinya, kapan diimplementasikannya, itu bagaimana operatornya. Kalau secara global, 5G sudah ada pada tahun 2020,” tandasnya.

Sumber : arah.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top