All for Joomla All for Webmasters
Teknologi

Mana Lebih Baik Untuk Gaming, RAM Lebih Besar Atau Lebih Cepat?

baguskali.com

Sebuah sistem komputer yang lengkap, salah satunya tentu wajib ada yang namanya RAM. Jika tidak ada RAM, ya sudah pasti tidak bisa menyala atau bekerja sebagaimana mestinya. Jangankan sistem komputer, smartphone saja ada RAM.

RAM pada sistem komputer untuk umum, biasa tidak terlalu diperhatikan. Asal cukup, maka sudah. Namun untuk gaming, agar dapat performa yang maksimal kamu perlu memperhatikan RAM. Tapi RAM yang lebih besar atau lebih cepat?

upaya kamu bisa mendapatkan FPS terbaik dari game favorit kamu. Salah satu bagian komputer selain CPU dan GPU yang harus kamu perhatikan adalah RAM. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia pembahasan dari Jaka.

Yang Terjadi Ketika RAM Kurang Atau Lebih Besar

foto-imgur-ramgaming2

Pada umumnya jika performa komputer kamu lambat, biasanya awam akan meminta kamu untuk melakukan tambah RAM. Namun apakah dengan tambah RAM berarti performa dalam game akan naik? Jawabannya adalah tidak selalu.

Apabila game-nya membutuhkan katakan RAM 8GB. Sementara RAM kamu hanya 4GB, maka yang akan terjadi adalah stutter dan penurunan performa yang cukup parah. Namun jika RAM kamu pas 8GB atau 64GB sekali pun, maka performanya akan sama baik yang 8GB atau 64GB.

Dari informasi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa yang kamu butuhkan adalah RAM dengan kapasitas cukup. Kapasitas RAM besar atau berlebihan, sama sekali tidak akan membantu meningkatkan performa dalam game.

Yang Terjadi Ketika RAM Kurang Atau Lebih Cepat

foto-gamedebate-ramgaming1

Spesifikasi yang perlu diperhatikan dalam memilih RAM gaming cukup beragam. Tidak hanya ada DDR3 atau DDR4, tapi ada juga Memory Speed, Memory Timing, Heatsink hingga lampu. Untuk saat ini mari berfokus pada Memory Speed dan Timing dulu.

Melalui tabel yang ada di atas kamu bisa melihat, bahwa dengan jumlah RAM yang cukup dan kecepatan RAM yang naik. Hasilnya adalah akan terjadi peningkatan performa dalam game bahkan hingga kisaran 20%. Berdasarkan data tersebut. Jadi jika kamu sudah memiliki kapasitas RAM rata-rata untuk game saat ini, yaitu 8GB. Lalu kamu ingin performa game kamu naik, maka tingkatkan kecepatan RAM, bukan kapasitasnya.

Berikut adalah poin-poin untuk memilih RAM yang optimal dalam bermain game berdasarkan penjelasan barusan.

  1. Untuk main game optimal butuh kapasitas RAM cukup.
  2. Main game dengan kapasitas RAM kebesaran tidak akan menaikan performa gamenya.
  3. Main game dengan RAM lebih cepat akan menaikan performa gamenya.
  4. Apabila kamu mau performa game naik, maka tingkatkan kecepatan RAM, bukan kapasitasnya.

Sumber : jalantikus.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top