All for Joomla All for Webmasters
Hidup Sehat

Wow, Ternyata Kadar Air Seni (Urin) di Kolam Renang Sebanyak Ini

baguskali.com

Para peneliti Kanada mempelajari tingkat urin di kolam renang dan telah menemukan bahwa hasilnya cukup mencengangkan. Para peneliti yang berasal dari University of Alberta ini mengembangkan tes untuk mengukur jumlah urin dan mengambil lebih dari 250 sampel dari 31 kolam renang dan kolam air panas di dua kota Kanada.

Dilansir dari www.channelnewsasia.com (02/03/2017), hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 830.000 liter air kolam renang, yakni sepertiga dari kolam renang yang berukuran standar olimpiade, memiliki 75 liter urine. Sementara itu, untuk air di kolam kecil lain mengandung sekitar 30 liter.

Adapun penelitian ini dilakukan karena kecenderungan manusia yang sering membuang cairan dari tubuhnya ke tempat pemandian umum dan munculnya berita terkait adanya perubahan warna kolam yang digunakan pada Olimpiade Rio di Brazil. Maka untuk menyoroti kebutuhan dan memantau kualitas air, dilakukan penelitian yang dipublikasikan dalam Environmental Science and Technology Letters.

Meskipun urine itu sendiri steril, tetapi keberadaannya di kolam renang menjadi satu masalah kesehatan masyarakat karena urin dapat bercampur dengan bahan kimia kolam renang yang dapat membahayakan kesehatan perenang’, menurut penelitian ini.

Penelitian ini sendiri dilakukan oleh para peneliti dengan mengukur bahan acesulfame-K (ACE), yakni sejenis pemanis buatan. Dari penelitian itu ditemukan konsentrasi ACE di kolam renang dan bak kolam renang, yang belum diketahui namanya, yang jumlahnya mencapai 570 kali lipat lebih besar dari pada air keran normal. Para peneliti kemudian menggunakan konsentrasi ACE dari dua kolam renang selama tiga minggu untuk memperkirakan tingkat urinnya.

Share jika Anda menyukai artikel ini.

Komentar Anda

Most Popular

To Top