All for Joomla All for Webmasters
Sumatera Utara

Duh, Gempa di Sumut Bisa Sampai 6 Bulan

baguskali- Gempa bumi tektonik yang hampir terjadi setiap hari setelah gempa awal pada 5,6 SR pada 16 Januari 2017 di Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara diprediksi akan berlangsung hingga 6 bulan ke depan.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan mengatakan pihak terkait yakni BPBD, BVMBG, dan BMKG telah menggelar rapat mengantisipasi di aula kantor Bappeda Sumut.

“Gempa susulan ini dapat berlangsung hingga 3 sampai 6 bulan kedepan dengan kekuatan di kurang dari 5 SR. Tidak ada prediksi kapan (tepatnya) akan terjadinya gempa,” jelas Syahnan kepada Okezone, Rabu (1/3/2017).

Gempa terakhir terjadi pada hari Selasa 28 Februari 2017 kemarin. Gempa dengan kekuatan 3,6 SR tersebut berpusat di Kabupaten Karo. “PGR1 Medan menercatat gempa susulan yang berpusat di Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Karo aktivitasnya mulai menurun,” ujar Syahnan.

Sementara, Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan umumnya gempa susulan berpusat di wilayah Kabupaten Deliserdang dan Karo. Gempa susulan tersebut berkekuatan dibawah 5 SR dan terkadang dirasakan di wilayah Kota Medan, Kabupaten Karo, Deliserdang, dan Serdangbedagai.

“Gempa terakhir terjadi pada Selasa, 28 Februari 2017 berkekuatan 3,6 SR. Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Berastagi, Kaor. ampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan,” jelas Edison.

Menurutnya, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya gempa bumi susulan merupakan jenis gempa bumi dangkal pada struktur sesar minor atau lokal.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pungkas Edison. (aul/oz)

Komentar Anda

Most Popular

To Top