All for Joomla All for Webmasters
Nasional

Sidang Penistaan Agama Jilid XII, Habib Rizieq Siap Berikan Kesaksian

baguskali.com

Jakarta, Persidangan dugaan penodaan agama Islam dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama berlanjut hari ini (28/2). Agenda sidang ke-12 ini masih mendengar keterangan saksi ahli dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Anggota tim pengacara Basuki, Humprey Djemat mengatakan, sebanyak dua ahli disiapkan JPU dalam persidangan hari ini. Satu di antaranya merupakan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Habib Muhammad Rizieq Syihab alias Muhammad Rizieq, ahli agama Islam yang direkomendasikan MUI (Majelis Ulama Indonesia)” kata Humprey dalam keterangannya, Selasa (28/2).

Rizieq, kata Humprey, merupakan ahli agama Islam yang direkomendasikan MUI Pusat. Surat keterangan untuk Rizieq dari MUI Pusat teregistrasi dengan Nomor Ket-1061/DP/-MUI/XI/2016 tanggal 3 November 2016. Surat itu ditandatangani oleh Ketua MUI Pusat, KH Sodikun dan Sekjen MUI Pusat, Dr H Anwar Abbas.

Selain Rizieq, lanjut Humphrey, satu saksi ahli lainnya yang disiapkan jaksa adalah Abdul Chair Ramadhan. Dia merupakan ahli hukum pidana. “Ini merupakan penjadwalan bersaksi yang ketiga bagi Abdul Chair,” imbuhnya. Menurut Humphrey, dia tercatat sebagai Komisi hukum dan perundang-undangan MUI Pusat.

Sidang kasus Basuki atau yang biasa dipanggil Ahok sudah masuk babak ke-12. Pada sidang ke-11 pekan lalu, tiga dari empat ahli yang disiapkan, telah memberikan keterangannya. Ketiganya yakni Yunahar Ilyas (ahli agama Islam) Miftachul Akhyar (ahli agama Islam) dan Mudzakkir (ahli hukum pidana).

Ahok jadi terdakwa kasus dugaan penodaan agama akibat pernyataannya di Kepulauan Seribu yang menyinggung surah Al-Maidah. Jaksa mendakwa Gubernur DKI yang baru aktif itu dengan Pasal 156 a KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman penjara paling lama lima tahun.

Sumber : jawapos.com

Komentar Anda

Most Popular

To Top