5 Channel Marketing yang Bisa Anda Manfaatkan

5 Channel Marketing yang Bisa Anda Manfaatkan – Sekarang ini digital marketing menjadi tumpuan utama dalam memasarkan produk, brand, jasa, dan apapun untuk bisa sampai kepada calon konsumen yang lebih luas. Digital marketing merupakan cara memasarkan melalui internet yang menggunakan berbagai macam media. Contoh medianya seperti youtube marketing atau instagram marketing.

Banyaknya media atau channel yang bisa digunakan untuk digital marketing tergantung dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan pemasaran melalui internet lebih menjangkau banyak orang. Bisa terlihat kapanpun dan dimanapun, sifatnya lebih permanen daripada selebaran atau brosur.

Untuk bisa dilirik orang harus menggunakan kreatifitas yang bisa menarik, bermanfaat, enak dilihat, informatif dan lainnya. Bisa bentuk gambar, video, tulisan atau gabungannya yang pastinya kontennya menarik dan unik.

Untuk mengetahui lebih baik menggunakan media atau channel mana dalam pemasaran jasa atau produk bisa dibaca tulisan ini sampai akhir.

5 Channel untuk Digital Marketing

Channel untuk Digital Marketing

1. Youtube Marketing

Youtube menjadi channel yang banyak orang lihat karena formatnya yang dalam bentuk video dan durasinya panjang. Video yang dihasilkan bisa dibilang seperti film, hanya saja bisa ditambahkan fitur lainnya seperti tulisan, efek, dan lainnya.

Menjadikan youtube sebagai digital marketing bisa memberikan gambaran lebih jelas tentang jasa  atau produk yang dipromosikan. Caranya dengan membuat channel youtube perusahan, nama brand atau lainnya. Bisa juga dengan bekerjasama youtuber, vlogger untuk meningkatkan promosi.

Wajar saat ini orang banyak mencari referensi jasa atau produk melalui platform youtube. Sehingga youtube marketing sangat membantu untuk iklan.

2. Website SEO Marketing

Jenis promosi dalam bentuk tulisan panjang dan gambar adalah website yang SEO. Pentingnya website SEO untuk meningkatkan hasil pencarian di google. Agar website nama produk, perusahaan atau jenis usaha yang diiklankan langsung ditemukan oleh pencari.

Website memberikan keluasan bagi calon konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk atau jasa yang sedang dicari. Dalam website selain SEO dan informasi yang dibutuhkan pengunjung juga ada alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi dan live chat berupa whatsapp.

3. Email Marketing

Email marketing merupakan cara memasarkan dengan mengirim email penawaran, informasi produk baru, dan lainnya yang langsung tertuju ke email calon pelanggan atau sudah pelanggan. Dengan email mendekatkan dengan banyak pemilik email. Juga menjadikan lebih langgeng hubungannya dengan pelanggan lama maupun baru.

4. Instagram Marketing

Instagram salah satu sosial media yang memiliki banyak pengikut di seluruh dunia. Jumlah penggunanya yang banyak menjadi sosial media yang dimanfaatkan untuk media promosi. Konten yang bisa diunggah untuk iklan bisa dalam bentuk gambar, video pendek, dan fitur lainnya yang bisa ditingkatkan untuk bisa mencapai calon pelanggan.

Untuk media instagram, buatlah nama akun yang mudah dibaca dan mencirikan brand/produk/jasa, buat konten yang menarik, buat microblog, akif update konten setiap hari, jalin komunikasi dengan follower.

Instagram juga terdapat influencer yang bisa diajak kerjasama dalam memasarkan produk maupun jasa. Cara ini untuk mengenalkan produk/jasa juga nama akun. Sehingga menjadi lebih dikenal luas dan difollow. Maka buatlah konten yang menarik banyak orang.

5. Affiliate Marketing

Cara untuk meningkatkan marketing secara online adalah dengan berafiliasi. Yang melakukan afiliasi bisa siapa saja, yaitu orang-orang yang mau menyebarkan informasi produk/jasa hingga mau menjadi pelanggan.

Caranya pemilik usaha bermitra dengan banyak orang secara individu. Orang-orang inilah yang akan menyebarkan informasi jasa/produk melalui sosial media mereka. Sehingga akan lebih dikenal banyak orang.

Mitra afiliasi ini harus memiliki pengetahuan tentang produk/jasa yang sedang ditawarkan. Sehingga orang akan semakin percaya. Biasanya orang-orang yang ditawarkan oleh mitra afiliasi adalah orang terdekat, yang mudah dipercaya.

Itulah lima channel meningkatkan digital marketing. Bisa menggunakan semua channel atau beberapa saja. Asalkan dalam membuat kontennya konsisten. Media yang sering update akan sering muncul di pencarian.

Untuk meningkatkan channel maupun akun agar lebih mudah tersebar dan dikenal banyak orang dengan menaikan Engagement Rate/ER. Engagement Rate adalah bentuk interaksi antara pemilik channel/akun kepada follower-nya. Interaksinya seperti komentar, like, simpan konten, atau share. 

Agar ER semakin naik bisa dibantu dengan Rajakomen.com, sebuah aplikasi yang menyediakan jasa komentar dari orang-orang asli bukan spam. Akun media sosial yang bisa dikomentari dari Youtube dan Instagram, karena kedua media ini sangat banyak penggunanya. Komentar aplikasi android yang ada di playstore, gmaps, google bisnisku, dan google my business. 

Rajakomen

Komentar yang ada di Rajakomen.com, agar bisa terunggah melalui verifikasi terlebih dahulu. Jenis komentarnya harus menyesuaikan dari kriteria pemilik akun/channel youtube. Jadi bentuk komennya tidak asal-asalan. Cara untuk mendapatkan jasa komen hanya dengan membuat akun di websitenya dan isi form yang disediakan. Manfaat yang didapatkan dengan Rajakomen.com:

  • Engagement Rate naik. 
  • Menarik orang lain untuk ikutan berkomentar. 
  • Meningkatkan pencarian di google bagi youtube. 
  • Postingan muncul di menu explore instagram. 
  • Dan masih banyak manfaat lainnya. 

Segera naikan ER instagram marketing atau youtube marketing agar sampai kepada banyak orang dengan Rajakomen.com. Jadikan aplikasi android menjadi rujukan di playstore dengan Rajakomen.com.

Tinggalkan komentar