10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Jernih

Menjaga kesehatan mata penting dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai risiko permasalahan seperti mata kering, mata minus, mata plus, atau gangguan retina.

Bukan tanpa alasan karena mata adalah salah satu organ pada manusia yang memiliki peran penting sebagai indra penglihatan. Tanpa mata seseorang akan kesulitan untuk melihat pemandangan hijau dan bentuk visual lainnya.

Akan tetapi, mata yang terdiri atas beberapa anatomi yaitu kornea, bilik mata depan, sklera, iris, pupil, lensa dan lainnya rentan mengalami kerusakan. Untuk itu info kesehatan mata di bawah ini penting untuk Anda perhatikan.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata sebagai indra penglihatan memiliki batas tertentu dalam menjangkau jarak penglihatan dan menangkap suatu cahaya. Jika terlalu terang maka mata akan sulit melihat karena silau. Kekurangan cahaya pun tidak baik untuk kesehatan mata.

Misalnya berkurangnya fungsi penglihatan dapat menyebabkan mata minus atau plus. Mata merah dan kering pun rentan dialami karena adanya benda asing yang masuk atau cahaya yang terlalu terang.

Agar terbebas dari permasalahan mata yang dapat mengganggu aktivitas, berikut ini tips kesehatan mata yang harus Anda lakukan dengan rutin.

1. Menjaga Asupan Nutrisi untuk Mata

Mata memerlukan nutrisi yang cukup untuk jaga kesehatan mata dari berbagai risiko. Asupan nutrisi didapat dari Vitamin dan antioksidan yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau suplemen.

Oleh karena itu, konsumsi makanan dengan nutrisi yang baik dan mengandung Vitamin A baik dalam menjaga kesehatan mata. Salah satunya terhindar dari katarak dan untuk memperlambat degenerasi makular.

2. Hindari Paparan Langsung Sinar UV

Tips kesehatan mata yang kedua dengan menghindari paparan langsung sinar matahari. Sinar UV ternyata dapat membuat mata mengalami kerusakan cukup parah.

Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan sebaiknya gunakan kacamata anti-UV dan anti radiasi hingga 98%. Dengan begitu mata akan tetap aman dari risiko kerusakan serius.

3. Pencahayaan yang Cukup

Untuk dapat melihat dengan jelas maka mata memerlukan cahaya. Akan tetapi, kekurangan cahaya akan membuat mata cepat lelah dan tidak baik juga jika cahaya terlalu terang.

Gunakanlah pencahayaan yang cukup. Misalnya jika Anda bekerja didepan komputer maka kurangi cahaya monitor menggunakan cahaya lampu yang lembut dari arah samping.

4. Istirahatkan Mata

Menatap layar komputer, handphone dan gadget lainnya terlalu lama akan membuat mata cepat rusak, mata menjadi kering atau mengalami mata merah. Agar kesehatan mata tetap terjaga sebaiknya sering mengistirahatkan mata.

Cara menjaga kesehatan mata dari pengaruh buruk sinar monitor yaitu istirahatkan selama 20 detik setelah menatap layar 20 menit. Lalu, lihatlah objek dengan jarak 20 meter.

5. Gunakan Filter Cahaya Komputer

Dalam menghindari radiasi dan pantulan cahaya berlebih dari layar monitor sebaiknya menggunakan filter glass pada monitor komputer Anda. Tentunya tips kesehatan mata satu ini baik untuk mencegah masuknya sinar berlebih dan terhindar dari radiasi.

6. Gunakan Lensa Kontak yang Tepat dan Benar

Menggunakan lensa kontak menjadi trend tersendiri sebagai pengganti kacamata. Akan tetapi, tidak semua lensa kontak memiliki kualitas yang baik. Bahkan tidak baik dikenakan dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut karena lensa kontak dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan membuat mata lebih sensitif terhadap cahaya. Sehingga penting untuk menggunakan lensa dengan kualitas terbaik.

Untuk penggunaannya sebaiknya tidak lebih dari 24 jam. Selain itu, penting juga untuk merawat dan menjaga kebersihan lensa kontak yang Anda miliki. Akan lebih baik jika memakai lensa kontak sekali pakai.

Hindari pemakaian lensa kontak saat tidur dan selalu pastikan kondisi tangan dalam keadaan bersih saat memakainya. Hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi mata karena infeksi.

7. Hindari Membaca Sambil Tidur

Membaca sambil tidur akan menyebabkan otot disekitar mata yaitu asthenopia menjadi tegang, sehingga menyebabkan kelelahan, penglihatan menjadi buram, dan pusing.

Informasi dari artikel tentang kesehatan mata bahwa jarak buku dan mata ketika membaca sambil tidur menjadi terlalu dekat. Sedangkan jarak yang tepat yaitu 30 cm seperti dalam posisi duduk.

8. Tidak Mengucek Mata

Saat ada benda asing yang masuk terkadang tangan refleks mengucek mata. Akan tetapi, hal ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan iritasi, kerusakan pada kornea dan membuat mata menjadi merah.

9. Hati-Hati Menggunakan Obat Herbal

Indonesia merupakan negara yang kaya akan obat herbal dan sudah menjadi tradisi dari zaman dahulu dalam menggunakan obat herbal untuk berbagai penyakit. Seperti manfaat daun sirih untuk kesehatan mata.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirih dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus sp pada penderita Konjungtivitis. Selain itu berfungsi sebagai anti bakteri, anti oksidan dan lainnya.

Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut sehingga melakukan pengobatan menggunakan daun sirih dengan meracik sendiri alangkah baiknya dihindari. Pun dengan penggunaan herbal lainnya, karena mata sangat sensitif.

10. Melakukan Pemeriksaan Mata ke Dokter Mata

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin yaitu setiap 12 bulan sekali. Terlebih untuk Anda yang memiliki mata minus atau plus karena bisa saja kacamata yang digunakan sudah tidak cocok lagi.

Penggunaan kacamata yang tidak sesuai dengan kondisi mata saat ini akan memperburuk kesehatan mata. Untuk itu, periksa langsung ke dokter mata merupakan langkah tepat.

Demikian info kesehatan mata agar terhindar dari berbagai risiko kerusakan yang parah dan pastinya mata tetap jernih setiap saat. Pastikan selalu merawat mata dengan tepat dan benar.

Tinggalkan komentar