10 Cara Memilih Cloud Hosting untuk E-Commerce

Bagi Anda pemilik bisnis online memiliki sebuah website untuk memasarkan seluruh produk atau barang yang ada jual menjadi salah satu nilai tambah.

Pasalnya dengan adanya website akan memberikan kemudahan bagi konsumen Anda untuk melakukan transaksi pembelian atau memilih barang yang mereka inginkan.

Namun mengelola website tidaklah mudah, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari platform yang digunakan, cloud hosting hingga siapa yang akan membuatkan website Anda.

Dalam dunia pembuatan website, ada dua platform yang cukup terkenal yang biasa digunakan oleh para pebisnis online ataupun e-commerce yaitu blogspot dan wordpress.

WordPress sendiri banyak digunakan oleh para pemilik website, karena dinilai lebih mudah untuk dikembangkan dan juga dipasangkan beberapa plugin yang bisa meningkatkan performa website.

Bahkan banyak pihak yang menyebutkan wordpress merupakan platform wordpress hosting terbaik jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Selain itu yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk membuat website untuk e-commerce atau bisnis online Anda adalah Cloud Hosting.

Jika masih awal-awal Anda disarankan untuk memilih cloud hosting murah dan terbaik agar bisa menekan biaya pembuatan website.

Cara Memilih Cloud Hosting untuk Toko Online

Cara Memilih Cloud Hosting untuk Toko Online

Untuk membantu Anda memilih cloud hosting untuk website e-commerce atau bisnis online Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Youtube Analytics

1. Spesifikasi Sesuai dengan Tujuan Website

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih cloud hosting website, adalah spesifikasi yang sesuai dengan tujuan.

Jangan memilih cloud hosting di bawah spesifikasi minimalnya, karena akan berdampak pada performa, begitu pula sebaliknya jangan ambil cloud hosting yang over spesifikasi karena bisa membuat biaya menjadi membengkak.

2. Pilih Platform yang Akan Digunakan

Setelah mengetahui tujuan dan juga spesifikasi cloud hosting yang sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya adalah memilih platform yang tepat.

Anda bisa menggunakan WordPress, Joomla, Drupal atau platform cms lainnya. Namun sangat disarankan menggunakan WordPress, karena wordpress merupakan hosting terbaik.

3. Kualitas Hosting

Kualitas selalu menjadi pertimbangan utama dalam memilih sesuatu, termasuk hosting, karena kualitas hosting sangat berpengaruh terhadap performa website Anda.

Sebisa mungkin Anda harus memilih cloud hosting murah berkualitas sehingga bisa menekan biaya pembuatan website namun tetap mendapatkan kualitas terbaik.

4. Kapasitas Hosting

Semakin banyak konten dan juga postingan atau gambar di website Anda, maka membutuhkan kapasitas cloud hosting yang besar.

Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan kapasitas hosting, apakah kapasitasnya sudah cukup atau belum untuk konten-konten yang akan Anda posting di website.

5. Perhatikan Isi Website

Anda juga harus mempertimbangkan konten maupun fitur apa saja yang akan disematkan pada website yang akan Anda buat untuk e-commerce atau bisnis online Anda.

Hosting wordpress Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan karena Anda bisa memadukan banyak sekali fitur untuk menunjang performa dari website yang Anda buat.

6. Memiliki Keamanan yang Baik

Keamanan harus Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah cloud hosting untuk website yang sedang Anda bagun.

Jangan sampai ketika website yang Anda bagun untuk e-commerce atau bisnis online sudah besar kemudian bermasalah dengan kemananannya, dapat dipastikan akan mengganggu kinerja dari website yang Anda buat.

Jadi lebih baik Anda memilih cloud hosting yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dari awal Anda membangun website.

7. Memiliki Backup Data

Data yang ada di dalam website Anda merupakan hal yang sangat penting apalagi jika data tersebut berhubungan dengan produk-produk yang Anda jual misalnya foto atau video.

Jangan sampai data tersebut hilang jika ada permasalahan dengan website Anda.

Oleh karena itu Anda disarankan untuk memilih cloud hosting yang menyediakan fitur backup data baik secara harian atau bulanan.

8. Lihat Ulasan dari Pelanggan Terdahulu

Sebelum memilih jasa penyedia cloud hosting salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah ulasan dari pengguna jasa cloud hosting sebelumnya.

Pasalnya dari hasil ulasan tersebut Anda akan mengetahui kualitas dari cloud hosting yang akan Anda pilih apakah memiliki banyak masalah atau tidak.

9. Harga

Harga menjadi hal yang harus Anda perrtimbangkan sebelum memilih sebuah cloud hosting pasalnya akan berpengaruh secara langsung terhadap modal Anda dalam membuat website untuk e-commerce atau bisnis online Anda.

Sebisa mungkin Anda menggunakan penyedia dari Indonesia saja agar dalam melakukan komunikasi atau jika ada masalah tidak ribet.

Saat ini juga sudah banyak sekali penyedia jasa cloud hosting indonesia murah dengan kualitas yang cukup baik.

10. Layanan Support

Layanan support dari penyedia jasa cloud hosting sangat diperlukan, Anda harus memilih penyedia yang memberikan layanan support 24 jam.

Terutama Anda yang menggunakan website tersebut untuk kepentingan bisnis online atau e-commerce pastinya sangat membutuhkan hal tersebut saat ada kendala dengan website sewaktu-waktu.

Karena jika kendala dibiarkan terlalu lama akan membuat konsumen yang membuka website Anda menjadi kecewa.

Jadi setelah mengetahui sepuluh tips memilih cloud hosting untuk website Anda jangan sampai salah pilih.

Pilihlah penyedia jasa cloud hosting yang menawarkan cloud hosting murah dan terbaik karena bisa menghemat pengeluaran atau biaya untuk membuat website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *